Jumlah TPS di Lampung Lebih Banyak dari Personil Pengamanan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019 menjadi sorotan pihak penyelenggara. Terlebih, ada penambahan jumlah TPS dari Pilgub Lampung sebanyak 15.006 menjadi 26.265 tempat.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono menilai, jumlah TPS saat ini tidak sesuai dengan jumlah personil keamanan khususnya kepolisian. Saat Pilgub 2018 lalu misalnya, sebanyak 10 ribu TNI Polri yang diturunkan untuk mengamankan 15.006 TPS.


“Tapi sekarang jumlah aparatnya tetap se-Lampung, tapi jumlah TPS lebih tinggi. Maka jarak rentang pengendalian pengaman TPS pasti bertambah,” kata Nanang di kantornya, Kamis (31/1).

Apalagi mengingat Pileg dan Pilpres serentak ini, sambungnya, jika di satu lokasi saja sudah diisi saksi 20 parpol. Belum lagi ditambah saksi caleg. Maka ditakutkan akan terjadi kerusuhan jika pengamanan tidak maksimal.

Baca Juga:   Dorong Peningkatan Realisasi Vaksin Lampung, Partai Golkar Gandeng Kemenkes

Karena itulah, Nanang menyatakan akan mengajukan dan berkordinasi lagi dengan Polda Lampung terkait bagaimana sistem dan gambaran detail pengamanan suksesnya Pemilu 2019.

“Meskipun sejauh ini sudah bagus melihat Pilgub kemarin, tentunya polisi juga punya rumusan. Beberapa TPS satu polisi, yang TPS rawan 2 polisi. Namun pada Pemilu 2019 perbandingannya bisa lebih banyak,” tandasnya.




  • Bagikan