Kabar Baik Dari Unila, Peringkat Kampus Hijau Naik

  • Bagikan
Rektor Unila Prof. Karomani. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kabar baik kembali datang dari Universitas Lampung, peringkat kampus hijau itu kembali naik. Di mana berdasarkan Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) Universitas Lampung menempati posisi ke-24 dari 100 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terbaik se-Indonesia.

Angka peringkat itu terus naik dari penilaian sebelumnya yakni pada Juli 2020 Universitas Lampung masih berada di posisi ke-30.Peringkat yang diperoleh Universitas Lampung ini diperoleh melalui penilaian yang dilakukan Webometrics atas tiga indikator. Yakni impact atau visibility 1.313, openness atau transparency 5.954, dan excellence 3.526.

Juru Bicara Rektor Unila Kahfie Nazaruddin mengatakan atas capaian ini, Unila mengucapkan syukur. Tak hanya itu, pemeringkatan Webometrics menjadi tolak ukur bahwa website unila.ac.id memiliki performa cukup baik dalam tiga hal yakni impact, openness, dan excellence.

Baca Juga:   Top ! Mahasiswa Sastra Inggris Teknokrat Juara Nasional Short Script Writing

“Untuk indikator transparency itu tercermin dari penghargaan yang diberikan Komisi Informasi Pusat kepada Unila sebagai Perguruan Tinggi untuk kategori Informatif,” ujar Kahfie.

Sebagai informasi, Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas, dan dampak publikasi web.

Webometrics adalah suatu perangkat sistem atau inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Suharso, Ph.D., menambahkan, Universitas Lampung terus berupaya membenahi diri menuju top ten university. “Peningkatan tersebut tentunya tidak terlepas dari komitmen seluruh sivitas akademika Unila untuk menjadi yang lebih baik,” jelas Prof Suharso. (rma/wdi)



  • Bagikan