Kabar Baik ! Gaji Guru Honorer di Daerah Ini Tahun Depan Naik

  • Bagikan
Tim Badan Anggaran DPRD Lamsel membahas KUA PPAS bersama TAPD Pemkab Lamsel diruang rapat Rumah Dinas Ketua DPRD Lamsel. Foto : Yuda Pranata/Radar Lampung.

radarlampung.co.id – DPRD Lampung Selatan (Lamsel) mengusulkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menaikkan gaji guru honorer.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Lamsel, Hendry Rosadi dalam pembahasan KUA-PPAS bersama tim TAPD Pemkab Lamsel di ruang rapat Rumah Dinas Ketua DPRD Lamsel, kamis (24/10).

Menurutnya, DPRD Lamsel sering mendapat laporan dari para guru honorer terkait gaji yang diberikan oleh Pemda Lamsel terlalu kecil yakni sebesar Rp100 ribu. Padahal tugas guru sangat mulia, sehingga perlu ditambah anggarannya.

“Kasihan guru honorer itu kalau nggak ditambah gajinya. Masak cuma Rp100 ribu sebulan. Saya minta, ini aspirasi dari kawan-kawan DPRD, Tahun 2020, naikkan gaji guru honorer itu,” ungkap Hendry.

Baca Juga:   Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Umum di Tanggamus Tunggu Kiriman Stok Vaksin

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Lamsel, M. Fredy mengatakan, Tahun 2020, Pemda Lamsel telah menaikkan anggaran untuk gaji guru honorer. Sebelumnya, gaji guru honorer yang diberikan oleh Pemkab Lamsel sebesar Rp100 ribu. Namun, untuk tahun 2020, gaji tersebut akan dinaikkan menjadi Rp200 ribu.

“Yang mengangkat guru honorer itu kan kepala sekolah. Jadi dari sekolah yang memberikan gaji. Tapi, kami selaku pemerintah daerah juga harus memperhatikan Pendapatan nya. Makanya kita bantu dari Rp100 ribu menjadi Rp200 ribu,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini, guru honorer yang berada di Pemkab Lamsel sebanyak 2534 orang, sedangkan guru PAUD berjumlah 1778 orang dan guru honorer yang berada di pulau terkecil sebanyak 36 orang.

Baca Juga:   Dalam Dua Hari, Delapan Pasien Covid-19 di Lambar Wafat

“Nah, khusus untuk guru honorer yang berada di pulau terkecil, kami memberikan gaji di tahun 2020 sebesar Rp 500 ribu,” pungkasnya. (yud/wdi)




  • Bagikan