Kabar Pemberlakuan Tarif Terpasang Dekat Pintu Tol Kota Baru

  • Bagikan
FOTO ARI SURYANTO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kabar pemberlakuan tarif Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menghangat satu pekan terakhir. Namun, hingga kini belum juga diberlakukan.

Kendati begitu, sosialisasi ternyata sudah mulai dilakukan. Pantauan radarlampung.co.id kini terpasang banner pemberitaan penerapan tarif tak jauh dari gerbang masuk tol Kota Baru.

“Tarif tol comingsoon,” demikian tertulis dalam bener yang didominasi warna putih-merah tersebut.

Tampak juga, di dekat mesin palang tol terpasang tabel tarif. Meski belum tertulis secara jelas tarif yang bakal diberlakukan, namun bila diperhatikan lebih detail tampak tulisan angka yang sengaja ditutup dengan plaster putih.

Ya, seperti diketahui khususnya mengenai ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Kini, pemerintah resmi mengeluarkan besaran tarif yang harus dibayarkan pengendara yang melintasi tol tersebut.

Baca Juga:   DPRD Lampung Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2020

Pengaturan tarif tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Nomor 385/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Jenis Golongan Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Terbitnya surat tersebut dibenarkan Kepala Cabang PT Hutama Karya Hanung Hanindito. “Sesuai dengan yang ada ditulisannya. Memang yang beredar itu lampiran dari Kepmen tentang tarif tol Bakauheni-Terbanggi Besar,” ucapnya kepada radarlampung.co.id, Selasa (2/4) malam.

Berdasarkan lampiran Kepmen tersebut, pengaturan tarif terbagi atas lima golongan. Golongan I meliputi sedan, jip, pick up, truk kecil, dan Bus. Golongan II meliputi truk dengan 2 gandar, golongan III truk dengan 3 gandar, golongan IV truk dengan 4 gandar, dan Golongan V truk dengan 5 gandar.

Baca Juga:   Kanwil Kemenkumham Lampung Distribusikan 880 Paket ke Masyarakat Terdampak Covid-19

Untuk tarif dari Pelabuhan Bakauheni ke Terbanggi Besar untuk Golongan I sebesar Rp112.500, Golongan II sebesar Rp168.500, Golongan III Rp168.500, Golongan IV sebesar Rp224.500, dan Golongan V sebesar Rp224.500. (sur) 




  • Bagikan