Kado Dies Emas, UBL Buka Program Doktor Manajamen


Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA
Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tahun 2022 ini menjadi tahun istimewa bagi Universitas Bandar Lampung (UBL).

Selain melakukan serangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis ke-50, UBL juga mendapatkan kado istimewa berupa diterbitkannya izin pembukaan Program Studi Manajemen Program Doktor (S3) yang ditetapkan pada 4 Maret 2022 lalu di Jakarta.





Izin tersebut ditandatangani oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng.

Kabar tersebut diungkapkan oleh Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M. Yusuf Barusman, MBA saat diwawancarai secara daring, Rabu (9/3).

“Syukur alhamdulillah atas doa dan dukungan seluruh sivitas akademika dan juga semua pihak terkait, hari ini kami menerima salinan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 110/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Manajemen Program Doktor (S3) di UBL. Ini menjadi kado istimewa bagi UBL dalam perjalanan 50 tahunnya pada tahun 2022 ini,” ungkap Yusuf.

Dengan diterbitkannya izin pembukaan program S3 tersebut, menurutnya dapat menjadikan UBL sebagai pioneer dan menjadi satu satunya universitas swasta yang ada di Sumatera yang memiliki program Doktor Manajemen.

“Dan tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita, karena menjadi bukti pengakuan dan kepercayaan pemerintah atas keseriusan kita dalam pengelolaan perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikan sekaligus menjawab tantangan pendidikan tinggi ke depan. Semoga menjadi berkah bagi kita semua,” tambah Yusuf.

Menurutnya, tidak mudah untuk mendapatkan izin pembukaan program S3 tersebut, selain harus didukung dengan sarana penunjang yang lengkap ditambah lagi beberapa persyaratan lainnya seperti program studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2)-nya harus terakreditasi Unggul (A), kemudian juga harus sudah memiliki minimal 2 orang dosen tetap dengan gelar akademik Guru Besar atau Profesor.

“Alhamdulillah kita sudah berhasil memenuhi semua persyaratan tersebut,” terang Yusuf.

Disinggung kapan program Doktor Manajemen ini akan dilaksanakan, Yusuf menyampaikan tahun ini juga dapat dilaksanakan.

“Insya Allah kita mulai (Program Studi S3 Manajemen) pada tahun akademik 2022/2023, mengingat sudah banyak alumni atau lulusan magister yang sudah menanyakan yang ingin melanjutkan pendidikan ke S3. Jadi, nanti tak perlu jauh-jauh, cukup di UBL,” pungkasnya. (rls/sur)