Lamsel  

Kain Khas Lamsel Tampil Memukau Dalam Acara ‘Risty Land Nusantara Fashion Trunk 2022’


RADARLAMPUNG.CO.ID – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Lampung Selatan, sukses menggelar kolaborasi fashion show bersama Brand Fashion Risty Land milik artis kenamanaan Risty Tagor dalam acara pagelaran fashion bertajuk “Risty Land Nusantara Fashion Trunk 2022” spesial Lampung Selatan.

Acara yang dibuka langsung oleh bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, turut di hadiri ketua Dekranasda Kab. Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto beserta jajaran Forkopimda Kab. Lampung Selatan dan tim Risty Land yang datang langsung dari Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung di aula sebuku kantor bupati setempat, Senin (14/3).





Pagelaran acara fashion show tersebut diwarnai dengan berbagai peragaan kain khas Lampung Selatan seperti kain tenun ikat inuh, kain sulam usus, dan padupadan batik yang terinspirasi dari pariwisata di Lampung Selatan.

Tiap pakaian atau kain yang diperagakan memiliki cerita dan makna tersendiri. Sebagai contoh makna dan cerita dari kain tenun ikat inuh yang berkembang pada masyarakat adat sai batin, yang dulunya hanya dipakai istri dari lelaki tertua dalam keluarga pada acara pernikahan.

Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto mengatakan, kolaborasi bertajuk pangelaran fashion show ini sebagai langkah promosi bagi produk Dekranasda dan menjadi ajang promosi Pariwisata dan UKM di Kabupaten Lampung Selatan.

“Adanya jalinan kerjasama ini akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan masing-masing pihak, terutama bagi kami, dimana dalam kegiatan ini produk kerajinan kami akan lebih dikenal oleh masyarakat melalui Program Ristyland Nusantara Fashion Trunk Show 2022, juga Destinasi wisata kami akan dikenal luas di Nusantara,” ungkap Winarni.

Dalam pehelatan ini, Ketua Dekranasda Lampung Selatan juga mempromosikan produk UMKM Lampung Selatan, di antaranya Kain Tapis Inuh Lampung, jilbab tapis, kaos Lampung, hiasan dinding kapal hitam, baju tenun, balero tapis, batik tulis, kain sarung, rok tapis dan kerajinan lainnya.

Sementara, founder RistyLand yakni Risty Tagor mengungkapkan, tren fashion di Indonesia saat ini sangat dinamis dan selalu berkembang dengan cepat berkat kreatifitas dan inovasi para pelaku fashion.

Ia juga menerangkan, awal mula Risty Land dibentuk pada tahun 2013 silam, dengan tujuan menambah warna fashion hijab sahabat shalihah di seluruh Indonesia.

“Risty Land saya dirikan pada tahun 2013 dengan tujuan menambah warna fashion hijab sahabat shalihah di seluruh Indonesia,” terang ibu tiga anak tersebut

Sebagai ajang promosi brand tersebut pada tahun 2022, ia menginisiasi bersama timnya untuk menggelar fashion show roadshow dengan menggandeng pemda daerah tujuan untuk berkolaborasi.

“Saya bersama tim membuat sebuah fashion show roadshow dengan tema nusantara yakni “Ristyland Nusantara Fashion Trunk Show 2022″ ini bertujuan berkeliling dan berkolaborasi sebagai ajang promosi dan mengangkat potensi wilayah di daerah,” terang Risty.

Dia menyebut, roadshow ini akan dilanjutkan kebeberapa kota di Indonesia hingga sebelum bulan Ramadhan tiba.

“Ini titik kedua setelah kami lakukan fashion show Nusantara di Padang, setelah Lampung Selatan kami akan kembali berkeliling ke Bali, Surabaya, Jogja Dan Bandung,” tutup Risty.

Terlihat juga, para model busana peraga berlenggak lenggok secara anggun diatas catwalk dengan balutan kain khas Lampung Selatan milik Dekranasda Lampung Selatan dan busana muslimah milik Ristyland. (rls/yud)