Kaji Rancangan Pembangunan TPA Sampah Regional

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Provinsi Lampung masih mengkaji detil rancangan pembangunan dan rancangan kelembagaan pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah regional.

Kepala Bappeda Lampung Mulyadi mengatakan, tahapan pembangunan TPA regional ini meliputi masterplan, studi kelayakan hingga aspek finansial.


“Kita saat ini masih tahap pengkajian detil rancangan pembangunan dan kelembagaan pengelolaan TPA hingga bagaimana teknis kerjasama dengan tujuh daerah,” kata Mulyadi dihubungi melalui ponselnya, Selasa (7/9).

Setelah pengkajian selesai, baru dilihat efektivitas dan efisiensi pembangunan sampah regional tersebut.

Sementara Plh. Sektretaris Dinas Lingkungan Hidup Lampung Murni Rizal mengungkapkan, TPA regional mencakup tujuh kabupaten/kota.

“Rencananya dibangun di Kota Baru dengan luas 50 hektare. Untuk menangani permasalahan sampah di Bandarlampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Lampung Timur.

Baca Juga:   23.027 Siswa SMA/SMK/SLB di Lampung Sudah Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

“TPA regional itu akan beroperasi secara terintegrasi dengan instalasi pengelolaan sampah yang kemudian diubah menjadi energi listrik ramah lingkungan,” kata Murni Rizal.

Dilanjutkan, keberadaan TPA regional tidak menghentikan aktifitas di TPA Bakung. Hanya saja ada pengalihan ke TPA regional. (cyi/ais)




  • Bagikan