Kamis, Mal Pelayanan Publik Tuba Diresmikan

  • Bagikan
Perwakilan Kemenpan RB saat meninjau Mal Pelayanan Publik Tuba selasa (5/3) lalu. Foto M. Zainal Arifin/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Setelah ditinjau Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulangbawang bakal diresmikan kamis (14/3) mendatang.

Namun, Pemkab Tuba masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus segera dibenahi terkait MPP Tuba.


Hal ini juga diakui oleh Bupati Tuba Winarti. Menurutnya, apa yang menjadi catatan dan rekomendasi dari Kemenpan RB harus segera ditindaklanjuti dengan cepat oleh satuan kerja terkait.

“Iya, semua harus kita ikuti sesuai dengan standar dari Kemenpan RB. Memang ini standar kelayakan, bagaimana standar yang baik harus segera diikuti,” kata Winarti kepada radarlampung.co.id, Minggu (10/3).

Winarti mencontohkan, hal mendasar standar kelayakan pelayanan yang baik kepada masyarakat seperti keramahan juga menjadi catatan penting untuk diterapkan di MPP Tulangbawang.

“Standar harus kita sesuaikan dengan UU No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Bagaimana kita bisa mengikuti standar pelayanan dari UU dan Kemenpan RB, itu yang saat ini sedang kita kerjakan,” terangnya.

Sembari berjalannya waktu, lanjut Winarti, Pemkab akan terus mengupgrade MPP Tuba agar sesuai dengan standar kelayakan yang diberikan oleh Kemenpan RB.

“Pelan pelan akan kita lakukan perbaikan terus menerus. Karena di Lampung baru ada di Tuba, tentunya kita berani melakukan terobosan ini untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” ungkap mantan ketua DPRD Tuba ini.

Ia menerangkan, tiga instansi yang nantinya ada di dalam MPP Tulangbawang masih mendapatkan evaluasi dari Kemenpan RB. Ketiganya yakni RSUD Menggala, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Untuk SDM perlahan lahan akan kita siapkan. Akan kita siapkan Bimtek dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditanya terkait kemungkinan Menpan RB Syafruddin menghadiri kegiatan peresmian, Winarti belum bisa menjanjikan. Namun, Pemerintah Daerah masih akan terus mengusahakan kehadiran Syafruddin sembari mengupgrade MPP.

“Kita (masih) tunggu. Karena kan masih harus di lihat (standar kelayakan), prinsipnya kita akan ikuti pembinaan dan bimbingan (Kemenpan RB) dulu,” tandas Bupati. (nal/wdi)




  • Bagikan