Kanwil Kemenag Lampung Minta Vaksinasi Jemaah Haji Diutamakan

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Vaksinasi tahap dua tidak hanya dilakukan petugas publik. Namun, calon jemaah haji juga menjadi sasaran prioritas dalam vaksinasi Covid-19 ini.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Lampung, Juanda Naim mengatakan, sejak awal, pemerintah pusat telah berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi, bahwa jika Haji 2021 dibuka, maka setiap calon jemaah haji (CJH) harus melaksanakan vaksinasi.

“Maka kami sudah berkoordinasi dengan Gubernur Lampung, Dinas Kesehatan, dan Kemenag kabupaten/kota, agar calon haji di Lampung di utamakan mendapatkan vaksin,” jelas Juanda.

Dari total 7050 CJH asal Lampung tahun ini, diharapkan dapat menerima vaksinasi dari kabupaten/kota. “Kita menghimbau ini program pusat sehingga kita melalui Bupati dan dinkes bisa tingkat kecamatan puskes atau rumah sakit, dan ini sudah kita himbau kepada bupati dan sudah di beberapa kabupaten melakukan vaksinasi,” tambahnya.

Baca Juga:   SLB PKK Kini Menjadi SLB Negeri Provinsi Lampung

Menurut laporan yang Juanda terima, ada beberapa kabupaten/kota yang telah menyelesaikan vaksinasi bagi CJH. Diantaranya Tulangbawang Barat, Tanggamus dalam proses, Lampung Selatan, bahkan Bandarlampung.

“Semua sudah mulai berjalan dan kita minta diutamakan dahulu untuk calhaj ini sembari menunggu keputusan dibukanya (ibadah haji),” tandasnya. (rma/yud)



  • Bagikan