Kapal Penangkap Ikan Dibakar Massa !

  • Bagikan
Kapal Sekar Tanjung dibakar massa yang kesal lantaran kapal milik warga luar Tanggamus tersebut menangkap ikan dengan alat tangkap yang diduga cantrang. Foto Kodim 0424/Tanggamus

RADARLAMPUNG.CO.ID–Sebuah kapal penangkap ikan dibakar massa di perairan Limau, Teluk Semaka, Tanggamus, tidak jauh dari dermaga Batubalai, Minggu pagi (13/6) sekitar pukul 09.30 WIB.

Berdasarkan infornasi yang berhasil dihimpun pembakaran kapal dipicu kekesalan nelayan pancing terhadap kapal KM Sekar Tanjung yang diduga menangkap ikan menggunakan Cantrang. Hal ini menyebabkan tangkapan nelayan tradisional berkurang dan dapat merusak terumbu karang. Saat peristiwa pembakaran, KM Sekar Tanjung membawa 12 anak buah kapal (ABK).

Menurut Saksi mata Aldi Saputra warga Pekon Sukabanjar Kecamatan Limau, sebelumnya warga khususnya nelayan pancing telah mengingatkan kepada kapal tersebut agar tidak beroperasi di wilayah Teluk Semaka, Tanggamus, namun teguran tersebut tidak dihiraukan sehingga terjadilah keributan yang mengakibatkan pada pembakaran kapal tangkap ikan.

Baca Juga:   bank bjb Sabet Penghargaan Prestisius di Ajang Indonesia Financial Top Leader Award 2021

“Massa yang mengepung KM Sekar Tanjung sekitar 30 orang dengan menggunakan 20 kapal kecil, sebenarnya aparat keamanan baik itu dari Polairud, TNI AL dan TNI AD sudah berupaya untuk mencegah massa agar tidak melakukan upaya pengerusakan dan pembakaran namun lantaran sudah emosi, para nelayan dari sejumlah Pekon ( desa) tetap membakar, sementara ABK berhasil diamankan Polairud,”katanya.

Sementara Komandan Polairud Kotaagung, Bripka Sudarwanto ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut hanya saja untuk keterangan dan kronologi lengkap dirinya tidak bisa berkomentar.

“Ya betul, untuk ABK sudah diamankan. Namun untuk keterangan kemedia nanti akan disampaikan oleh Ditpolair Polda Lampung, sebab proses penyelidikan dan penyidikan ada dibagian Gakkum Ditpolair, kami disini hanya mengamankan saja,” kata Sudarwanto.(ral/ehl/wdi)




  • Bagikan