Kapekon Lakukan Penelusuran, Temukan Kayu Hasil Ilegal Logging di Register 39

  • Bagikan
Kayu Cempaka yang ditebang dari Blok 5 Register 39 diangkut truk. Diduga hendak dibawa ke Suoh Lampung Barat. FOTO DOKUMEN KEPALA PEKON GUNUNGDOH

RADARLAMPUNG.CO.ID – Praktik ilegal logging diduga kuat masih terjadi di hutan lindung Register 39. Ini diketahui dari informasi adanya pengangkutan kayu dari kawasan tersebut.

Kepala Pekon Gunungdoh, Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Tanggamus Muzakir mengatakan, dirinya mendapat informasi warga. Ada truk yang mengangkut kayu jenis Cempaka. Diduga hasil penebangan dari Blok 5 Register 39.


“Saya dapet laporan dari warga, Rabu (20/10). Warga itu habis pulang ngojek dan melintas di ruas jalan tersebut, mendapati ada aktifitas penebangan kayu. Lalu Kamis (21/10), saya cek langsung ke lokasi. Benar saja, ada enam batang kayu cempaka ditebang. Empat batang sudah jadi balokan siap angkut dan sisanya masih utuh. Menurut keterangan warga sekitar, kayu itu ditebang malam hari,” kata Muzakir, Jumat (22/10).

Baca Juga:   Besok, Pengurus Apindo Lampung Dikukuhkan

Dilanjutkan Muzakir, setelah mendapat bukti adanya penebangan pohon jenis Cempaka, dirinya langsung mencari tahu kemana kayu tersebut akan dibawa.

“Kayu itu kami dapati di salah satu gudang terselubung, jauh dari jangkauan masyarakat. Kepunyaan orang yang tinggal di Blok 5 Register 39 dan sudah dinaikkan ke truk BE 8402 ZF. Siap diangkut menuju Suoh, Lampung Barat. Mengenai dijual atau tidaknya, saya belum tahu. Karena hanya bertemu sopir pengangkut kayu, sekitar pukul 02.00 WIB, Jumat (22/10),” urainya.

Lebih lanjut Muzakir mengungkapkan, dirinya mendapat informasi bahwa kayu Cempaka tersebut ditampung oleh seseorang yang berada di kawasan tersebut.

“Saya minta pihak terkait agar menindak tegas perbuatan melanggar hukum ini. Sebab pohon kayu yang berada di hutan kawasan dilindungi oleh undang-undang,” tegasnya.

Baca Juga:   PDIP Lampung Beber Alasan Pergantian Mingrum





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan