Kapolres: Eksekusi Lahan Kondusif, Polisi-Pol PP Salam-salaman

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kapolres Lampung Barat, AKBP.Tri Suhartanto, S.Ik., mengatakan, situasi di lokasi eksekusi lahan seluas 47.924 meter persegi, yang ada di pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat kondusif.

Menurut kapolres, dirinya sudah mengapelkan personil setelah eksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Liwa Kabupaten Lampung Barat, dan dia menyatakan tak ada yang terluka. Baik dari kepolisian maupun Pol PP.

“Memang sempat ada dorong-dorongan. Tapi kondusif situasinya. Setelah eksekusi sudah saya apelkan. Saya tanya, apa ada yang terluka? Anggota menjawab: Siap. Tidak! Karena akan saya obatkan jika ada yang terluka. Tapi tidak ada, setelah saya tanya langsung saat apel,” ucapnya kepada radarlampung.co.id via ponselnya Kamis (11/1).

Baca Juga:   Hamdalah, Lampung Kembali Terima Vaksin Covid-19

Menurut kapolres, eksekusi lahan oleh pengadilan sudah selesai dan diakhiri salam-salaman antara polisi dan Pol PP.

Sebelumnya, sempat terjadi bentrok antara pihak kepolisian dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pesisir Barat setelah panitera pada Pengadilan Negeri Liwa yakni M.Yamin, membacakan eksekusi berdasarkan penetapan ketua Pengadilan Negeri Liwa nomor.01/Pen.Eks/2018/PN.LIW Tanggal 3 Januari 2018.

Kapolres Lambar mengatakan, saat di lokasi kejadian bahwa pengamanan sudah sesuai dengan prosedur. Pihaknya, kata kapolres, juga sudah menempuh langkah persuasif dengan pemerintah daerah.

Kasat Pol PP Pesbar M. Nursin Candra mengatakan, anggotanya 10 orang termasuk Kabid Pidum Cahyadi Muis mengalami luka memar akibat kejadian ini.

Baca Juga:   Penampakan Ruang Asrama Haji Rajabasa yang Akan Jadi RS Darurat

“Dalam pengamanan kami dari anggota Sat-Pol PP juga hanya menjalankan perintah tugas untuk mengamankan aset yang dihibahkan kepada pemerintah daerah,” ujarnya. (rlo/try/gus)




  • Bagikan