Kapolres Lampura Isi Materi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

  • Bagikan
Foto IST

radarlampung.co.id – Kapolres Lampung Utara (Lampura) AKBP Budiman Sulaksono menjadi narasumber acara Pembinaan Kerukunan Umat Beragama yang digelar di aula Kemenag kabupaten setempat, Selasa (29/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Bupati Lampura Budi Utomo, Kepala Kemenag Qomaru Zaman, Ketua MUI Mughofir, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Lampura Makmur, Ketua FKUB, H. Sihul Ali dan seluruh perwakilan dari Pengurus FKUB se-Kabupaten Lampura.

Kapolres menyampaikan materi tentang Trilogi kerukunan umat beragama, perlunya kerukunan hidup, teknik mejaga kerukunan umat beragama, hingga prinsip dan prilaku kerukunan umat beragama.

“Dalam kerukunan umat beragama ada Trilogi yang pertama kerukunan intern umat beragama, kedua kerukunan antar umat beragama dan yang ketiga kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah,” kata Kapolres AKBP Budiman saat memberikan materi.

Menurutnya, masyarakat tidak boleh hanya mentaati aturan dalam agamanya masing-masing, akan tetapi juga harus mentaati hukum yang berlaku di negara Indonesia. Bahwasanya Indonesia itu bukan negara agama tetapi adalah negara bagi orang yang beragama.

“Intinya bahwa masing-masing agama mengajarkan untuk hidup dalam kedamaian dan ketentraman yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara,” tandasnya. (ozy/kyd)




  • Bagikan