Karier Pengedar Ekstasi Satu Ini Habis di Tangan Pembeli

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bermodal informasi dihimpun dari masyarakat, Team Opsnal Satresnarkoba Polres Lampung Utara (Lampura) mengamankan seorang pemuda diduga kuat terlibat peredaran gelap narkotika jenis pil ekstasi.

Penyergapan terhadap Rizal Aditya (23), warga Jl. Skalabrak, Gg. Masjid, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampura ini, dilakukan Selasa (22/1) sore, sekitar pukul 17.00 WIB.

Kapolres Lampura AKBP Budiman Sulaksono, melalui Kasat Narkoba IPTU Andri Gustami membenarkan penangkapan yang dilakukan Team Opsnal Satresnarkoba terhadap seorang terduga pengedar narkotika jenis ekstasi.

Dijelaskan, penangkapan atas pelaku tertuang dalam laporan polisi bernomor LP  / 54 – A / I / 2019 / Polda Lampung / Spkt Res Lamut.

“Benar, jajaran Satresnarkoba telah mengamankan seorang pengedar pil ekstasi yang kerap melakukan transaksi di wilayah Kotabumi dan sekitarnya,” kata Andri Gustami, di ruang kerjanya, Rabu, (23/1).

Ia menerangkan, pihaknya menangkap tersangka Rizal dengan cara anggotanya melakukan penyamaran sebagai pembeli (undercoverby, Red). Alhasil, “sang pembeli” berhasil “menghabisi” karir menyimpang Rizal sebagai pengedar ekstasi tersebut.

“Sebelumnya, kami mendapat informasi dari warga jika tersangka kerap menjalankan bisnis terlarang dengan menjual pil ekstasi. Warga yang mengetahui hal itu merasa resah dan melaporkannya kepada anggota,” ujar Andri.

Usai mendapatkan aduan, kata Andri Gustami, pihaknya lantas melakukan penyelidikan dan penyamaran guna mengungkap aktifitas bisnis pil geleng yang diedarkan tersangka. Dugaan itu ternyata benar.

Tersangka Rizal yang tidak menyadari sedang dalam incaran polisi mengatur tempat pertemuan untuk bertransaksi dengan calon pembeli yang tak lain adalah polisi yang sedang menyamar.

“Tersangka menentukan tempat transaksi di daerah Rejosari. Saat dilakukan penangkapan, tersangka berupaya melarikan diri ke sawahan dan berupaya membuang barang bukti. Namun, anggota berhasil melakukan pengejaran dan mengamankan tersangka berikut barang bukti,” jelas mantan Kanit III Tipiter Polres Lampura, tersebut.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa dua puluh butir pil ekstasi belogo “Z4”, dan satu plastik bening. Barang haram tersebut, sengaja dibuang tersangka di sawah tidak jauh tempat penangkapannya.

“Saat ini, tersangka berikut barang bukti sudah diamankan di Satresnarkoba Polres Lampura guna pemeriksaan lebih lanjut Kasus ini juga masih dalam pengembangan lebih lanjut,” pungkasnya. (ozy/sur) 




  • Bagikan