Karutan Kotaagung Pimpin Razia Insidentil Kamar Hunian WBP

  • Bagikan
Kepala Rutan Kelas IIB Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh mendengarkan keluhan WBP setelah melaksanakan razia. FOTO DOKUMEN RUTAN KELAS IIB KOTAAGUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotaagung beserta jajaran menggelar penggeledahan insidentil kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP), Kamis malam (2/9).

Kegiatan ini dalam rangka deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban serta upaya mendukung Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ) di lingkungan Rutan Kotaagung.


Inspeksi mendadak (sidak) dimulai pukul 20.00 WIB, dipimpin Kepala Rutan Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh beserta staf, petugas Lapas, satu taruna, dan dua CASN. Mereka dibagi dalam dua kelompok dengan sasaran blok hunian WBP.

Akhmad Sobirin menyebutkan, razia yang dilakukan mendadak ini untuk mencegah masuknya benda-benda terlarang, seperti narkoba.

Terlebih selama ini disinyalir cukup banyak peredaran narkoba yang dikendalikan oleh orang yang sedang menjalani hukuman di penjara.

“‘Karena itu, selain dalam rangka mencegah kemungkinan masuknya narkoba di dalam lingkungan Rutan, kita juga meminimalisir penggunaan handphone dan senjata tajam pada narapidana dan tahanan,” ujar dia.

Dari hasil razia, petugas menemukan benda-benda berupa handphone, dua buah charger, dua headset, dua gunting kuku, dua buah lampu, dua sendok besi, ikat pinggang, kabel rol dan gelas alumunium.

“Alhamdulillah, dalam razia ini tidak ditemukan narkoba, walaupun masih ditemukan barang yang dilarang lainnya. Dalam pelaksanaan penggeledahan ini berjalan lancar dan aman, serta tetap sesuai dengan protokol kesehatan,” kata dia.

“Untuk barang-barang yang berhasil diamankan, selanjutnya akan dibuatkan berita acara penggeledahan dan dimusnahkan,” tutup Sobirin. (ehl/ais)




  • Bagikan