Mesuji  

Kasus DBD Bertambah Hingga Mencapai 24 Kasus


ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Kabupaten Mesuji terus bertambah setiap harinya, hingga pekan ke empat Bulan Januari 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mesuji mencatat ada 24 kasus yang terjadi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dinkes) Mesuji, Suyono mengatakan, dari tanggal 1-23 Januari 2022, kasus DBD ada 24 Kasus. Data itu diambil setiap pekannya berdasarkan catatan 6 Puskesmas yang menangani kasus DBD.





Enam Puskesmas yang menangani kasus DBD yakni, Puskesmas Wira Bangun di Minggu pertama 1 orang dan 4 orang di Minggu ke dua. Puskesmas Brabasan 7 orang Minggu ketiga, dan 3 orang di Minggu ke empat.

Lalu, Puskesmas Adi Luhur 4 orang dari Minggu pertama – keempat, Puskesmas Tri Karya Mulya 1 orang Minggu ke dua dan 1 orang Minggu ke empat. Puskesmas Panggung Jaya 1 orang Minggu ketiga dan Puskesmas Margojadi 2 orang di Minggu ke empat.

Ini terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya jentik nyamuk yang berkembang biak di tempat yang kurang bersih. Untuk mengantisipasi dan waspada, masyarakat harus menjaga lingkungan, apalagi jika berada di perumahan padat penduduk.

“Kami saat ini bersama tim gugus tugas dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa masih melakukan fogging atau pengasapan di setiap lingkungan pasien yang baru mengalami kasus DBD. Membersihkan tempat bersarangnya jentik nyamuk di sekitar rumah,” terangnya.

Dirinya berharap, masyarakat Mesuji selalu menjaga 3M yakni Mengubur, Menguras dan Menimbun tempat yang berpotensi untuk perkembang-biakan jentik nyamuk. (muk/yud)