Kasus DBD di Tanggamus Turun Drastis

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Tanggamus mengalami penurunan. Berdasar data Dinas Kesehatan setempat, hingga 18 Maret 2021 tercatat baru tiga kasus dengan kematian nol.

Jumlah ini jauh berbeda dibanding tahun lalu. Pada periode Januari-Maret 2020, mencapai 115 kasus DBD.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Tanggamus Basri mengatakan, tiga kasus DBD tersebut tersebar di Puskesmas Ngarip Ulubelu, Puskesmas Limau dan Kotaagung.

“Untuk kasus DBD, sementara baru tiga dengan kematian nol. Memang jika dibandingkan tahun lalu, jumlah saat ini sedikit. Harapannya sampai akhir tahun angkanya tidak tinggi,” kata Basri mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat.

Baca Juga:   Puluhan Responden Isi ITK-O Polres Tanggamus

Dilanjutkan, adanya pandemi virus Corona juga berpengaruh terhadap kasus DBD di Tanggamus. Di mana mobilitas masyarakat berkurang.

“Selain dari kebersihan lingkungan, mobilitas juga memengaruhi. Misal saat berkunjung ke daerah endemik DBD, pas pulang sudah membawa virus,” sebut dia.

Basri mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) dan 3 M plus.

“Perlu juga melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Sebab itu cara terampuh untuk mencegah DBD. Populasi nyamuk bisa berkurang,” tegasnya. (ehl/rnn/ais)

 




  • Bagikan