Kasus DBD Rendah, Harus Tetap Waspada!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Tanggamus pada 2021 cenderung menurun. Hingga awal Juni, hanya tercatat 17 kasus dengan angka kematian nihil.

Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanggamus Bambang Sutejo mengatakan, kasus DBD tahun ini memang turun. Sebab biasanya sampai pertengahan tahun, jumlah kasus sudah sampai puluhan.

“Sampai sekarang hanya 17 kasus, dan kami sudah tanyakan ke fasilitas kesehatan, termasuk ke rumah sakit untuk validasi ulang. Hasilnya memang kasus DBD sedikit,” kata Bambang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat, Minggu (6/6).

Ia menjelaskan, penurunan kasus juga terjadi tahun lalu. Sejak awal sampai akhir 2020, hanya ada 167 kasus, termasuk satu kematian.

Baca Juga:   Ini Akibat tak Patuh Prokes, Positif Covid-19!

Sementara pada 2019, tercatat 257 kasus dengan satu kematian. “Kemungkinan penyebab rendahnya kasus DBD tahun ini karena intensitas hujan tidak terlalu tinggi. Sehingga populasi nyamuk juga tidak meningkat,” ungkap Bambang.

Meski kasus DBD sampai pertengahan tahun ini rendah, namun Bambang meminta masyarakat tidak terlena. Sebab bisa saja terjadi ledakan kasus setelah ini.

“Kami terus ingatkan kewaspadaan ke seluruh puskesmas untuk disebarkan ke masyarakat. Jangan kondisi yang rendah saat ini membuat lengah hingga menimbulkan ledakan kasus,” tegas Bambang. (ehl/rnn/ais)



  • Bagikan