Kawanan Gajah Jambul Digiring ke Gunung Ayem

  • Bagikan
Kelompok gajah Jambul yang mendekati pemukiman di Pekon Gunungratu, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Lampung Barat. FOTO DOKUMEN TNBBS RESORT SUOH

RADARLAMPUNG.CO.ID – Petugas gabungan penanganan konflik gajah Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS), Lampung Barat, mulai melakukan penggiringan tiga ekor gajah yang beberapa hari terakhir meneror warga Pekon Gunungratu, Kecamatan BNS.

Kelompok hewan berbelalai ini juga sempat beberapa kali mendekati kantor Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) Resort Suoh.


Kepala BB TNBBS Resort Suoh Sulki mengungkapkan, tiga ekor gajah yang salah satunya diberi nama Jambul ini digiring ke arah Gunung Ayem.

Proses penggiringan melintasi areal perkebunan warga. Karena itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas di lahan garapan.

Baca Juga:   Tahun Depan, 15 Puskesmas di Lambar Jadi BLUD

“Untuk skenario penggiringan, kami membagi beberapa tim. Dilakukan secara estafet dalam satu komando. Hal ini bertujuan agar penggiringan bisa lebih efektif dan untuk mengurangi risiko kelelahan petugas. Kemudian mempersingkat proses penggiringan,” kata Sulki.

Sulki mengungkapkan, tiga ekor gajah tesebut berbeda dengan kelompok gajah Bunga. Untuk kawanan gajah Jambul, cukup agresif sehingga perlu kehati-hatian dalam proses penggiringan. (nop/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan