Kawanan Gajah Liar Menjauh dari Permukiman

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kawanan gajah yang sempat mendekati pemukiman di Blok I Dusun Karangsari, Pekon Sumberagung, Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Senin malam (19/7), mulai menjauh.

Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengungkapkan, berdasar pantauan melalui GPS Collar yang terpasang pada salah seekor gajah bernama Bunga, saat ini kawanan hewan berbelalai yang berjumlah sekitar 12 ekor tersebut berada 500 meter masuk TNBBS dari pal TN. 4490 Gunung Lanang, di bagian atas Pekon Ringinsari.


”Alhamdulillah. Untuk kawanan gajah tersebut terpantau sudah menjauh dari permukiman dan kembali masuk ke TNBBS. Semoga nanti malam tidak kembali turun ke areal perkebunan. Apalagi mendekati permukiman penduduk, seperti yang terjadi pada malam Lebaran,” kata Sulki.

Baca Juga:   KETUA ISPI

Sejauh ini, terus Sulki, untuk laporan kerusakan atau kerugian yang dialami masyarakat belum ada. Hanya saja, karena berada di jalur perlintasan, tanaman pisang milik masyarakat dirusak dan dimakan oleh kawanan gajah.

Sebagai upaya mengantisipasi agar kawanan gajah tersebut tidak kembali ke areal perkebunan dan mendekati permukiman, satgas konflik gajah berpatroli dan terus memantau pergerakan.

Termasuk mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan menghindari berpapasan dengan gajah. Sebab hal itu akan sangat membahayakan keselamatan. (nop/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan