Kebiasaan Sehat Supaya Mudah Bangun Sahur

  • Bagikan

radarlampung.co.id –  Buat orang-orang yang tak terbiasa untuk bangun pagi, sahur di bulan Ramadan bisa jadi tantangan tersendiri. Bila terlewat maka siap-siap saja untuk berpuasa dengan kondisi lemas dan kurang konsentrasi sepanjang hari.

Nah agar hal tersebut bisa dihindari maka ada baiknya seseorang melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat yang dapat membantu untuk bangun sahur. Tidur lebih awal misalnya, dan hal lain yang dapat memengaruhi kebiasaan tidur.

Apa saja itu? Berikut beberapa contohnya seperti dikutip detikHealth dari berbagai sumber:

  1. Jangan Kalap Berbuka

Ketika berbuka puasa jaga konsumsi makanan agar jangan terlalu banyak. Seseorang bisa saja kalap, makan terlalu banyak sehingga akan meningkatkan aktivitas saluran pencernaan.

Cristina-Maria Kastorini, MSc, ahli gizi dari University of Ioannina di Yunani mengatakan jika seseorang setelah itu langsung berusaha untuk tidur maka ia rentan mengalami refluks asam lambung. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan dan memicu rasa tidak nyaman.

  1. Kurangi Kopi

Kalau kamu berbuka dengan kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein, ada kemungkinan nantinya akan sulit untuk tidur lebih awal. Seperti sudah diketahui kafein merupakan stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa kantuk.

Selain kopi, teh juga diketahui bisa mengandung kafein cukup tinggi. Hayo kurangi teh manis saat berbuka yah.





  • Bagikan