Kecamatan Gunungsugih Dapat Rp25 M, Prioritas untuk Infrastruktur

  • Bagikan

radarlampung.co.id. – Kecamatan Gunungsugih sebagai ibu kota Lampung Tengah digelontorkan Rp25.251.498.667 untuk pembangunan 2019. Hal ini diketahui dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Gunungsugih, Selasa (12/2).

Camat Gunungsugih Andy R.P.A. mengatakan bahwa pembangunan di kecamatan ini memang butuh perhatian khusus. “Pembangunan di Gunungsugih memang perlu perhatian khusus. Usulan yang disampaikan dalam musrenbang tingkat kecamatan ini murni dari bawah, baik dusun, kampung, dan kelurahan. Meski demikian, dalam rencana pembangunan perlu skala prioritas,” katanya.


Dalam rencana pembangunan, kata Andy, tahun ini memang diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. “Memang tahun ini fokus pembangunan infrastruktur, khususnya jalan. Ini salah satu bentuk upaya mendukung pemerintahan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Kabid Perencanaan Pembangunan Bappeda Lamteng Rina Rusdiana menyatakan total anggaran pembangunan di Kecamatan Gunungsugih yang direncanakan pada 2019 sebesar Rp25.251.498.667.

Rinciannya, kata Rina, sebanyak 19 item bidang urusan Dinas Pekerjaan Umum. “Ada 19 item bidang urusan pekerjaan umum. Yakni pembangunan jalan onderlagh, drainase, dan beronjong. Juga peningkatan status jalan,” ujarnya.

Selain itu, kata Rina, sebanyak 35 item bidang urusan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Namun, musrenbang juga mendapat kritikan dari Ketua LPMK Kelurahan Gunungsugih Raya Agustam. “Banyak usulan yang lalu tidak terealisasi. Kami minta realisasikan dahulu usulan sebelumnya. Kecamatan ini ibu kota kabupaten, seharusnya jadi prioritas,” katanya.

Staf Ahli Bupati Zulkifli yang mewakili Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan program pembangunan yang disusun merupakan aspirasi dari bawah. Tidak terealisasinya usulan dalam musrenbang sebelumnya, kata Zulkifli, itu dikarenakan ada skala prioritas kecamatan. (sya/wdi)




  • Bagikan