Kecamatan Kotabumi Utara Go Internet


Kepala Bappeda Lampura Syahrizal Adhar didampingi Kadis Kominfo Lampura, Sanny Lumi usai menggelar pertemuan Kades Se-Kecamatan Kotabumi Utara, Senin (27/5). Foto Fahrozy Irsan Toni/Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Kepala Desa se-Kecamatan Kotabumi Utara menyambut baik niat pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan perekomian dan pemberdayaan masyarakat desa dengan terknologi berbasis internet. 

Hal itu tampak saat rapat pembahasan bersama Bappeda dan Dinas Kominfo Lampura di aula kantor Bappeda setempat, Senin (27/5). “Terlepas dari semua itu, kami menyambut baik program ini karena banyak sisi positif dibanding mudaratnya,” kata Kades Margorejo, Andi Sabak di sela kegiatan tersebut.





Senada dikatakan Kepala Desa Wonomarto, Waskita Yusika. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif, apalagi desa yang dipimpinnya terdapat potensi lokal melalui destinasi wisata desa yakni Bendungan Tirta Sinta.

Saat ini, pihaknya mengaku cukup kesulitan melakukan promosi baik dalam maupun luar kota karena terkendala masalah internet.

“Di daerah kami, tidak hanya Wonomerto melainkan desa lainnya juga tidak dilalui jalur internet. Sehingga cukup kesulitan melakukan promosi. Karena itu kami menyambut baik kegiatan ini. Apalagi disini pemerintah daerah ikut andil didalamnya. Sebab bila hanya mengandalkan provider biasa sulit dan mahal biayanya tidak mampu ditutupi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Lampura Syahrizal Adhar didampingi Kadis Kominfo Lampura, Sanny Lumi mengungkapkan, wacana program internet desa memang telah cukup lama diwacanakan Pemerintah Daerah. Sehingga dengan adanya kemauan dari pihak desa, pihaknya siap memberikan support yang dimaksud guna mewujudkan geliat ekonomi rakyat berbasis digital.

“Coba akan kita kembangkan ini, meski sempat gagal karena ketiadaan SDM dan lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya rapat ini lebih mempermudah jalan menuju itu,” pungkasnya. (ozy/kyd)