Kecamatan Sukabumi Juarai Festival Pawai Budaya

  • Bagikan
Para peserta pawai budaya tradisi Lampung saat melintasi Tugu Adipura, Bandarlampung, Kamis (25/7). Pawai budaya dalam rangka memperingati HUT kota Bandarlampung ke 337. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 337 Kota Bandarlampung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya Festival Pawai Budaya Tradisi Lampung.

Pawai yang diikuti oleh 20 kecamatan tersebut berlangsung, Kamis (25/7) dengan rute start di Tugu Adipura lalu melintasi Jl. Ahmad Yani – Jl. Kartini – Jl. S. Parman – Jl. Raden Intan, dan finis di lapangan Saburai.

Keluar sebagai juara pertama pada festival pawai budaya tersebut Kecamatan Sukamumi, kemudian juara dua Telukbetung Barat, Juara tiga Tanjungkarang Barat, serta Juara Harapan satu Telukbetung Timur.

Lalu harapan dua diraih oleh Kecamatan Kedamaian dan juara harapan tiga diraih oleh Kecamatan Tanjungkarang Timur. “Pawai budaya ini tidak lain untuk melestarikan budaya daerah kita,” beber Wali Kota Bandarlampung Herman H.N.

Baca Juga:   Bandarlampung Pertahankan Penghargaan KLA Kategori Madya

Upaya pelestarian itu sendiri menurut Herman terkait bagaimana agar masyarakat Kota Bandarlampunh di Lampung dapat mengetahui budaya-budaya yang ada. “Nah ini setelah masyarakat liat, tiap tahun kita adakan pawai budaya ini,” ungkapnya.

Herman pun berharap bagaimana seluruh rakyat Bandarlampung ini dapat mengetahui budaya daerah Lampung. “Harus tau semua. Dan ada dua Saibumi Ruwa Jurai, satu daerah dua keturunan, yaitu pepadun dan sai batin,” ungkapnya.

Sementara Ketua TP PKK Bandarlampung Eva Dwiana bersyukur acara pawai budaya dalam rangka HUT ke 337 Kota Bandarlampung berakhir meriah. “Sukses dan ini supaya warga di Kota Bandarlampung dapat mencintai daerahnya di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” ucapnya. (pip/sur) 




  • Bagikan