Kekurangan Logistik Pemilu 2019 Tiba Awal April

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kekurangan logistik Pemilu 2019 di Lampung diperkirakan tiba awal April mendatang. Sampai saat ini, KPU Lampung masih mendata sejumlah kekurangan baik surat suara maupun logistik lainnya.

Berdasarkan data yang diterima radarlampung.co.id, dari total lima surat suara yang disiapkan untuk Lampung dengan total 31.028.480 lembar berdasarkan DPT (daftar pemilih tetap)+2%, sejauh ini kekurangan sebanyak total 96.410 lembar.


Rinciannya, untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden rusak sebanyak 14.269 lembar, dan kekurangan dari pengiriman 104 lembar. Kemudian surat suara DPD RI rusak sebanyak 14.224 lembar dan kekurangan 376 lembar.

Untuk DPR RI, dapil Lampung 1 kekurangan dan rusak ditotal mencapai 31.078 lembar, dapil 2 kekurangan dan rusak sebanyak 39.352 lembar. Sementara DPRD Provinsi Lampung dari 8 dapil surat suara yang kurang dan rusak sebanyak 7.909 lembar.

Untuk surat suara tingkat DPRD kabupaten/kota terdata 56.943 lembar yang rusak. Jumlah ini, belum termasuk surat suara untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU). Di mana di tingkat Provinsi Lampung juga masih belum menerima.

Baca Juga:   SKPP Latih Kader Jadi Bawaslu Agent

Sementara surat suara PSU capres cawapres KPU masih menunggu 1000 per kabupaten/kota ditambah 2%, DPD RI 1000 lembar plus 2% per Provinsi, DPR RI 1000 per Dapil ditambah 2%. Seluruhnya akan disimpan di Kantor KPU Lampung. Sementara untuk surat suara PSU DPRD kabupaten/kota seluruhnya telah diterima di masing-masing kabupaten/kota. Dengan jumlah 1000 per dapil di kabupaten/kota.

Selain surat suara, KPU Lampung masih kekurangan kotak suara. Kekurangan ini karena jumlah awal yang kurang dari penyedia awal sekitar 184 kotak suara. Sementara yang ditemukan rusak karena perjalanan distribusi sebanyak 144 kotak suara.

Saat dikonfirmasi, Kasubag Umum dan Logistik Sekretariat KPU Lampung Jumadi Ahmad mengataka, telah menyerahkan jumlah kekurangan seluruhnya ke KPU RI untuk laporan. Namun, jumlah kekurangan masih bisa bertambah sebab saat ini beberapa kabupaten/kota telah memulai packing logistik per TPS.

Baca Juga:   Bawaslu Pesbar Gelar Bimtek SIPS

“Data kekurangan untuk penambahan sudah dikirim ke KPU RI termasuk updatenya juga dikirim. Kalau kedatanganya menunggu KPU RI, kalau kami hanya mendata kekurangan sortir dan packing kabupaten/kota dengan format sesuai KPU RI,” sebut Jumadi yang ditemui, Rabu (27/3).

Apalagi, data ini masih bisa terus bergerak, karena pada saat sortir ke kotak suara baru ditemykan lagi kekurangan. Sementara soal kotak suara sendiri Jumadi mengatakan logistik kekurangan bakal didatangkan 5 April mendatang.

“Sesuai dengan informasi dari penyedia akan datang ke Lampung 5 April mendatang, ini langsung dikirim ke kabupaten/kota. Termasuk surat suara PSU,” tambahnya. (rma/kyd)




  • Bagikan