Kemarau Pengaruhi Kinerja PLTA, PLN UIKSBS Salat Istisqo Serentak

  • Bagikan
Karyawan PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Bandarlampung melaksanakan Salat Istisqo di lapangan tenis kantor PLN setempat, Rabu (25/9). Foto Elga Puranti/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Sedikitnya 70 karyawan dan alihdaya PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Bandarlampung melaksanakan Salat Istisqo di lapangan tenis kantor PLN setempat, Rabu (25/9).

Kegiatan ini diselenggarakan serentak di lima provinsi yang berada di bawah wilayah operasional PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIKSBS).

Senior Manager SDM dan Umum PLN UIKSBS Didi Rahmad mengatakan, Salat ini dilaksanakan serentak di Unit Induk Pembangkit dan Unit unit Operasional di Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, dan Lampung.

”Ini dilakukan tidak lain bertujuan untuk memohon agar hujan segera turun sehingga kabut asap di berbagai wilayah terdampak dapat segera teratasi. Kami sebagai insan PLN turut prihatin dengan kondisi di berbagai wilayah yang terdampak,” kata Didi.

Baca Juga:   Terjadi Peningkatan Pengunjung Selama Ramadhan

Menurutnya, kemarau panjang yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia telah menimbulkan kebakaran lahan yang menyebabkan bencana kabut asap, dan secara tidak langsung dapat berpengaruh pada unit pembangkit yang berada di wilayah kerja UIKSBS.

Salah satunya berpengaruh terhadap kinerja beberapa PLTA karena mengalami penurunan debit air, serta dapat menyebabkan derating daya mampu pembangkit Gas akibat terjadinya pengotoran yang signifikan pada saringan udara.

”Kita berdoa semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, dan hujan dapat segera turun untuk menghilangkan kabut asap di berbagai wilayah Indonesia, kualitas udara menjadi baik kembali dan debit air di beberapa PLTA kembali membaik,” tandasnya. (ega/kyd)





  • Bagikan