Kemendagri Tinjau Persiapan Pilkades Serentak di Lampung

  • Bagikan
Dirjen Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo didampingi Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung Irsan SH.,MSi.,Ph.D., saat bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Mahan Agung, Selasa (9/2). Sumber Foto Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima kunjungan kerja Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo, di Mahan Agung, Selasa (9/2). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau persiapan Pemilihan Kepala Desa atau Kepala Pekon (Pilkades/Pilkakon) tahun 2021 di Lampung.

Arinal yang didampingi Kepala Dinas PMDT Lampung Zaidirina menerangkan, Lampung akan menggelar pemilihan kepala desa atau pekon di 645 desa/pekon/kampung, yang tersebar di 10 kabupaten pada tahun 2021 ini.


Guna kelancaran pelaksanaannya, dirinya akan mengundang para bupati yang menyelenggarakan Pilkades/Pilkakon tersebut, untuk mendengarkan masukan.

“Ada 10 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkades/Pilkakon 2021, dan saya akan mengundang para bupati yang akan melaksanakan Pilkades/Pilkakon 2021,” ucapnya di Mahan Agung, Selasa (9/2).

Baca Juga:   Progress Vaksinasi di Lampung Capai 16,9 Persen

Diketahui, sepuluh kabupaten yang akan melaksanakan Pilkades/Pilkakon 2021 tersebut, yaitu Pringsewu, Pesisir Barat, Waykanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Lampung Selatan, Tulangbawang, Mesuji, Pesawaran, dan Tanggamus.

“Nanti juga akan ada masukan dari kabupaten yang telah menyelenggarakan Pilkades dengan keberhasilan. Alhamdulilah pelaksanaan pilkades tahun 2020 kemarin di Tanggamus dan Tulangbawang Barat berjalan dengan baik,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Yusharto didampingi Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung Irsan SH.,MSi.,Ph.D., menjelaskan bahwa kunjungannya ke Lampung terkait persiapan pelaksanaan pilkades/pilkakon di Lampung, yang harus segera dipersiapkan mengikuti Permendagri No. 72 Tahun 2020 tentang Pemilihan Kepala Desa, yang harus menerapkan protokol Covid-19 karena dilaksanakan di masa pademi.

Baca Juga:   KM Lawit Isoter Pasien Tanpa Gejala Kembali ke Jakarta

“Untuk di Lampung terdapat 645 desa/pekon/kampung yang akan Pilkades/Pilkakon tahun 2021. Dan untuk skala provinsi ini termasuk besar,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pilkades/pilkakon memiliki peran penting bagi kesinambungan kepemimpinam di desa. Diharapkan kesiapan dilakukan maksimal, termasuk penerapan protokol kesehatan secara ketat, agar pelaksanaannya berlangsung aman, lancar, dan sukses.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo didampingi Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung Irsan SH.,MSi.,Ph.D., saat bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Mahan Agung, Selasa (9/2). Sumber Foto Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung

Selain bersilaturahmi dengan Gubernur Lampung, Yusharto melakukan berbagai kunjungan kerja. Seperti pagi harinya melakukan diskusi bersama Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dan Kaban Litbang Kemendagri Dr. Agus Patoni.

Silaturahmi bersama Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona di Hotel Emersia, Selasa (9/2). Sumber Foto Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung

Selanjutnya usai dari Mahan Agung, melakukan kunjungan ke Pringsewu melihat program Smart Village dan uji coba/simulasi pelaksanaan pilkakon dengan metode E-Voting bersama Bupati Pringsewu Sujadi.

Kunjungan di Pringsewu bertemu Bupati Pringsewu Sujadi, Selasa (9/2). Sumber Foto Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung

(pip/sur)




  • Bagikan