Kemendagri-Unila Tandatangani LOI Peningkatan Kompetensi Aparatur Desa


FOTO HUMAS UNIVERSITAS LAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo menandatangani Letter of Intent (LOI) program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa dengan Rektor Universitas Lampung Prof. Karomani, M.Si., Jumat (25/3)

Melalui program RPL Desa, para kepala desa bisa menyandang predikat sarjana hingga doktor melalui penyetaraan pengalaman kerja yang relevan dengan materi perkuliahan di perguruan tinggi.





Rektor Prof. Karomani mengatakan, Unila siap melakukan kerjasama dalam meningkatkan kompetensi aparatur desa. Menurut dia, jumlah desa di Indonesia hampir mencapai 75 ribu dari Sabang sampai Merauke. Ini menunjukkan negara Indonesia luar biasa dan memiliki SDA melimpah dan wilayah begitu luas.

“Kalau kita tidak serius menangani bangsa ini, sayang sekali.Karena itu saya menyambut baik apa yang disampaikan pak Dirjen untuk melakukan kerjasama meningkatkan kapasitas SDM apartur desa, wabil khusus para kepala desa,” kata Prof. Karomani.

Selain itu, Indonesia memerlukan orang-orang cerdas dalam mengelola pemerintahan desa. Dengan kondisi SDM desa yang saat ini sekitar 80% merupakan lulusan SLTA, maka pengelolaan dana desa, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi belum serapi yang diharapkan.

”Karena itu, mulai hari ini kita bangun kerjasama. Desa bukan lagi objek, tapi menjadi subjek pembangunan,” tegasnya.