Kemenhub Bakal Hibahkan Lima Pelabuhan ke Pemprov Lampung


RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Perhubungan RI bakal menghibahkan pengelolaan lima pelabuhan yang ada di Lampung untuk dikelola Pemprov Lampung.

Kelima pelabuhan tersebut diantaranya Pelabuhan Telukbetung, Pelabuhan Menggala, Pelabuhan Sebalang, Pelabuhan Maringgai, dan Pelabuhan Mesuji.





Kepala Dinas Perhubungan provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan penyerahan pelabuhan ini masih dalam proses. “Iya masih dalam proses, semoga bisa segera diserahkan,” beber Bambang, Kamis (24/3).

Dia menyebutkan beberapa pelabuhan nantinya sudah sesuai dengan tujuan Pemprov Lampung dalam membangun ekonomi kerakyatan dibawah pimpinan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Seperti salah satunya pelabuhan Sebalang yang memang kerap digunakan sebagai pelayaran rakyat.

“Iya jadi dari pelabuhan yang bakal diserahkan nantinya sesuai arahan Pak Gubernur bakal dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Seperti di Pelabuhan Sebalang kan memang untuk pelayaran rakyat. Kita juga masih ada lahan disana sekitar 26 hektar, harapannya tetap bisa untuk pariwisata juga pelayaran,” tambahnya.

Hal serupa juga seperti Pelabuhan Mesuji. Di mana, pelabuhan ini menjadi salah akses utama yang akan menghubungkan perekonomian baru Lampung-Bangka Belitung yang sudah digagas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Untuk Pelabuhan Mesuji memang kita utamakan untuk mendukung penyebrangan Lampung-Bangka Belitung yang sudah digagas Pak Gubernur sebelumnya. Sehingga program kerjasama ini bisa berjalan lancar,” tambahnya. (rma/yud)