Kemenhub Imbau Pemudik Tak Berangkat Malam Pakai Kapal Ro-Ro

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan kapal Roll On Roll Off (Ro-Ro) pada malam hari. Sebab, hal itu menyebabkan penumpukan penumpang.

“Waktu saya ke Banten, Merak, polanya mereka suka pergi malam hari. Jadi untuk penyeberangan ke Bakauheni, Lampung Selatan, Sumatera, kalau bisa saya mendorong masyarakat untuk bergerak dari Jakarta, Tangerang pada pagi hari. Kalau malem pas itu bersamaan penuh banget,” ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (23/5).

Perihal kekhawatiran kondisi keamanan, pihaknya menilai kondisi di sejumlah titik rawan begal kini sudah membaik. Bahkan, polisi disebut telah melakukan pengamanan di sepanjang jalur rawan.

Baca Juga:   Polda Lampung Bongkar Jaringan Narkoba Antar Provinsi, Satu Mahasiswa Diamankan

“Saya kira dengan kondisi keamanan yang makin baik masyarakat tidak harus begitu ya. Toh sekarang sepanjang jalan dari Lampung kepolisian sudah menjamin, jadi mereka hanya stereotip beberapa tahun lalu,” jelas dia.

Kendati demikian, saat ini yang perlu dipertimbangkan masyarakat adalah mengubah pola waktu mudik yang kerap dilakukan pada malam hari menjadi siang hari. “Tapi yang perlu dipikirkan dampaknya saat malam hari itu jadi penuh, siangnya agak kosong,” tutupnya. (jpg/gus)




  • Bagikan