Kemenkominfo Gandeng Fisip Unila Bangun Literasi Media Sosial

  • Bagikan

radarlampung.co.id- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggandeng  KPU dan FISIP Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan pelatihan dan pembekalan media digital Pemilu 2019 dengan nama workshop berkelas di ruang auditorium gedung D FISIP Unila, Bandarlampung, Sabtu (23/3)

Koordinator panitia daerah Eka Yuda Gunawibawa mengatakan, acara dengan tema Santun bermedia sosial untuk pemilu damai dengab bertujuan membangun literasi media sosial kepada generasi millenial. “Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembentukan karakter bangsa yang dapat menciptakan generasi muda yang optimis, berpikiran positif, religius, menjunjung tinggi nasionalisme, kebhinnekaan, serta menjadi pengguna media sosial yang bertanggungjawab,” katanya.


Yuda menambahkan, pertumbuhan media sosial di Indonesia sayangnya tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran bermedia sosial yang bijak. Akibatnya, media sosial kerap dimanfaatkan berbagai pihak sebagai wadah penyebaran hoaks, ujaran kebencian, radikalisme dan fake news.

Baca Juga:   Tanggapi Adanya Pertemuan Elit Partai, Sekretaris Partai Demokrat Lampung Nilai Wajar

Adapun materi workshop diantaranya seminar mengenai pemilu damai di media sosial, mengajarkan cara membuat konten positif dari cara menentukan alur cerita, dan penguasaan teknik dengan menggunakan smartphone. 

“Kegiatan ini bukan yang pertama kali digelar oleh Fisip Unila, tahun lalu kami menggelar acara serupa dengan tajuk Bijak Bermedia Sosial,” tandasnya.

Hadir sebagai narasumber Asisten Khusus Presiden RI, Andoko Darta, Kasubdit audio visual dan medsos kemenkominfo RI, Dimas Aditya Nugraha, ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono, dan ketua magister Ilmu Komunikasi Unila, Andy Corry. Dengan peserta dari mahasiswa mencapai sekitar 100 orang. (rls/rma/kyd)




  • Bagikan