Kemenkumham Lampung Peringati HDKD 2021

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI), serentak menyelenggarakan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021. Termasuk Kanwil Kemenkumham Lampung.

HDKD tersebut, mengambil tema Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham.


Kegiatan tersebut, dibuka langsung Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof.Edward Omar Sharif Hiariej, melalui Aplikasi zoom dan Youtube Pusdatin Kumham, Kamis (21/10).

Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof.Edward Omar Sharif Hiariej menjelaskan, Peringatan HKDK, merupakan Hari lahirnya Kemenkumham yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober.

Kegiatan HKDK, tidak hanya sebatas perayaan, namun juga sebagai implementasi nilai dan arti HKDK itu sendiri harus dapat melekat dan terinternalisasi tiap insan kemenkumham. Salah satunya diwujudkan melalui bentuk kepedulian sosial terhadap keluarga besar kemenkumham dan warga sekitar.

“Bentuk kegiatan sosial HKDK tahun 2021 ini, diantaranya Donor Darah, Sunatan Massal, Pemberian New Normal Kit, serta pemberian bantuan untuk keluarga kemenkumham yang terdampak covid-19,”tegas Pria biasa disapa dengan Prof.Eddy Hiariej.

Baca Juga:   Siswa TMI Raih Juara Lomba Video Dishut Lampung

Sementara, Plt.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung,
Iwan Santoso,SH.M.Si mengatakan, untuk di Lampung, perayaan HDKD Tahun 2021 ini dengan memberikan bantuan kepada keluarga besar Kemenkumham Lampung yang meninggal karena Covid-19.

Diantaranya batuan berupa santunan sekitar Rp8 juta untuk tiga orang keluarga yang meninggal karena covid-19.

“Bantuan ini diberikan kepada keluarga dari Pegawai Lapas Rajabasa, Lapas Gunung Sugih dan Waykanan. Bantuan ini juga kerjasama Kemenkumham dengan BRI dan BNI,”ucapnya.

Selain itu, Kanwil Kemenkumham juga memberikan tali kasih kepada Rumah Sakit ataupun tempat ruang iIsolasi mandiri yakni berupa peralatan adaptasi kebiasaan baru (New normal kit), berisi handsanitizer, masker, peralatan makan dan lainnya.

Tidak itu saja, secara nasional, Kanwil Kemenkumham Lampung juga menyelenggarakan kegiatan donor darah.

“Tujuan kami adalah disaat Pandemi Covid-19, sedikit sekali yang melakukan donor, namun disisi lainnya banyak masyarakat yang membutuhkan darah. Sehingga kami berinisiatif memfasilitasi untuk kegiatan donor darah, baik di kanwil Kemenkumham, termasuk di UPT UPT bekerjasama dengan PMI. Target Donor Darah yakni 100 orang,” Tegasnya.

Baca Juga:   Sepanjang 2021, Ada 2.197.258,9 Ton Timbulan Sampah di Lampung

Oleh sebab itu, Dirinya berharap pegawai, staf dilingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung termasuk Petugas UPT UPT tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19.

“Kami selalu mengingatkan kepada petugas di Kanwil Kemenkumham Lampung maupun Petugas di UPT UPT untuk tetap menerapkan Prokes Covid-19. Karena kan Covid-19 sampai saat ini belum tuntas, sehingga tetap jalankan dengan baik Prokes Covid-19 dan tidak usah bepergian jika tidak begitu penting,”pintanya.

Terkait Rangkaian acara HDKD 2021, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM sekaligus Ketua Pelaksana, Nur Ichwan,SH.MH menyampaikan, Bakti Sosial dalam peringatan HDKD 2021 di Kanwil Kemenkumham Lampung direncanakan berlangsung selama dua hari yakni 21-22 Oktober 2021.

Untuk acara Puncaknya, yakni 30 Oktober 2021 dengan beberapa kegiatan, seperti Tabur Bunga Taman Makan Pahlawan, serta Upacara HDKD dikantor Kanwil Kemenkumham Lampung.

“Kami berharap kegiatan peringatan HDKD 2021 berlangsung secara tertib dan lancar,” pungkasnya. (gie/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan