Kemiling Diguncang Gempa

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Gempa tektonik bermagnitudo 2.4 terjadi sekitar pukul 13.29 WIB di Kemiling, Bandarlampung, Rabu (24/7). Getaran cukup kencang terasa di kawasan Perumahan Bukir Kemiling Permai.

Menurut Tina (28), salah seorang warga Perumahan Bukit Kemiling Permai, saat itu ia sedang berada di warung. Tiba-tiba terjadi guncangan keras hingga kursi dan rumah bergoyang.

“Saya lagi duduk di kursi sambil main HP. Eh, kok goyang sampai agak miring tadi. Gentingnya sampai bunyi. Saya kira angin. Nggak tahunya gempa. Orang-orang juga bilang gempa” kata Tina.

Sementara Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto membenarkan bahwa gempa tektonik dengan magnitude dangkal terjadi di wilayah Bandarlampung.

Baca Juga:   Jangan Lengah Prokes ! Sehari, Ada 717 Kasus Baru Covid-19 di Lampung

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=2.4 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 5.38 LS – 105.23 BT, tepatnya di darat pada jarak 7 Km Barat Laut Bandarlampung-Lampung dengan kedalaman lima kilometer.

“Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di daerah Kemiling, Bandarlampung dengan skala intensitas II MMI. Namun hingga saat ini  belum ada laporan mengenai  kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Hingga kini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya. (mel/ais)




  • Bagikan