Kemungkinan Terburuk, Pengganti Kada Dijabat Plh


RADARLAMPUNG.CO.ID – Kemungkinan terburuk, pengganti Kepala Daerah yang Akhir Masa Jabatannya (AMJ) pada Minggu (22/5/2022) mendatang bisa dijabat Pelaksana Harian (Plh). Hal itu dikatakan oleh Asisten I Setprov Lampung Qudratul Ikhwan, Selada (10/5/2022).

Dijelaskan dia, untuk waktu pengumuman SK nya, biasanya diberikan H-1 AMJ. Artinya, perkiraan waktu pengumuman SK Pj. Bupati pada Sabtu (21/5/2022).





“Bisa jadi beberapa saat sebelum pelantikan baru diberitahukan. Sebab informasi sekarang sudah canggih. Atau diberitahukan nomor SK nya saja terlebih dahulu. Walaupun sampai hari H belum diumumkan, kan bisa ditunjuk Pelaksana Harian (PlH), jabatannya bisa dua atau tiga hari. Memang sementara ini belum ada pembicaraan ke arah situ. Tapi kan saya berpikirnya yang terburuk. Pada umumnya Plh bisa ditunjuk Sekda. Tapi tidak harus itu,” katanya.

Baca Juga:   Kejati Lampung Siap Kawal PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan

Diketahui, Hingga kini beredar nama-nama calon Penjabat Bupati di tiga daerah. Rinciannya, Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Air (SDA) Budi Dharmawan sebagai Pj Bupati Tulangbawang Barat, kemudian Kepala Badan Pendapatan Daerah Adi Elansyah sebagai Pj. Bupati Pringsewu, dan Kepala Disdikbud Sulpakar sebagai Pj. Bupati Mesuji.

Informasi dihimpun Radar Lampung, memang ketiga nama ini merupakan salahsatu dari tiga nama dari masing-masing daerah yang diusulkan menjadi Pj. Bupati.

Bahkan, nama-nama ini sudah bersliweran dari sebulan yang lalu. Di mana, ketiganya pun diinformasikan sudah menghadap Gubernur Arinal Djunaidi.

“Kemungkinan benar. Bahkan saat ini sudah bahas yang di Desember. Katanya sih untuk Tulangbawang itu Zaidirina, kemudian untuk Lambar antara Asisten I dan Aasisten II,” ucap salahsatu PNS yang enggan namanya diungkapkan.

Baca Juga:   Bulan Imunisasi, di Lampung Ada 1.598.957 Anak Sasaran Imunisasi

Terkait hal ini, Qudratul mengaku belum mengetahui bahwa memang nama-nama tersebut yang dipilih oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Pj. Bupati. Mantan Kadishub Lampung ini menjelaskan, saat ini Mendagri pun sedang tidak berada di Indonesia.

“Belum ada. Kan pak Mendagri masih di Luar Negeri. Untuk nama-namanya ya saya enggak tahu, karena memang saya tidak ikut memaraf usulan itu,” jelasnya, Selasa (10/5/2022).

Ditegaskan kembali tentang ketiga nama calon Pj. Bupati itu, Qudrarul tetap enggan memberikan keterangan. “Benar saya tidak tahu. Kan khusus itu. Saya mendengar sudah diusulkan. Tapi untuk namanya, kapan diusulkannya saya enggak tahu. Ya memang enggak tahu. Untuk apa saya bohong, kalau benar kan bahasa saya pasti beda,” ucapnya. (abd/yud)

Baca Juga:   Meski Telah Kembalikan Kerugian Negara, Pansus Tetap Beri Catatan