Kenal Lebih Dekat Calon Gubernur Lampung

Oleh : Prof. Dr. Lindrianasari

KISAH masa lalu yang dikemukakan oleh masing-masing Calon Gubernur dalam Talkshow Mengenal Lebih Dekat Calon Gubernur Lampung Tahun 2018, cukup memberikan keyakinan kepada peserta yang hadir di Ballroom Hotel Novotel Lampung, bahwa calon pimpinan nomor satu di Provinsi Lampung yang hadir sore itu adalah sosok yang pantas memimpin pembangunan peduli lingkungan, sosial, dan ekonomi di Provinsi Lampung.

Masing-masing calon pemimpin ini, memiliki pengalaman yang menarik sejak di masa kecil, di masa remaja, bahkan hingga saat menjabat di pemerintahan. Prestasi yang telah mereka capai memang patut diacungi jempol.

Herman HN dan Arinal Junaidi memiliki kemiripan pengalaman masa kecil. Dua sosok calon pemimpin ini sama-sama tumbuh di daerah di Kabupaten Lampung.Kegemaran mereka berdua adalah memancing dan berenang di sungai. Setia kawan dan tumbuh menjadi pahlawan bagi teman-temannya, adalah kisah lain yang menjadi pengalaman tak terlupakan bagi keduanya.

BACA  Simak, Ini Agenda dan Tahapan H-7 Pilgub Lampung

Sementara, Ridho Ficardo kecil adalah sosok yang menyukai olah raga, hingga akhirnya menjadi atlit nasional di jamannya. Menjadi pemimpin di organisasi kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan adalah pengalaman berharga lainnya bagi para cagub ini. Dari ekspresi wajah yang sangat bersemangat menceritakan masa lalunya ini, kami yakin bahwa masa lalu yang masih sangat membekas ini telah berhasil membawa mereka ke posisi saat ini, posisi Calon Gubernur Provinsi Lampung periode 2019-2024.

Kebebasan berekspresi, bersosialisasi, berinteraksi dengan alam dan lingkungan sekitar yang telah terbina sejak kecil ini menjadi investasi atau harta tak berwujud yang pada akhirnya akan mengasah modal intelektual dan kedewasaan calon pemimpinan ini dalam mengemban amanah masyarakat Lampung.

BACA  Alzier Ajak Pilih Ridho-Bachtiar, Ini Alasannya..

Pemahaman seorang pemimpin pada lingkungan atau daerah yang dipimpinnya akan memperkuat dan memperkaya value system yang akan diimplementasikan melalui kebijakan strategis. Kesesuaian kebijakan dengan sistem nilai di masyarakat tentu saja akan melegitimasi keberadaan pemimpin tersebut. Dengan legitimasi dari masyarakat tersebut, pemimpin daerah tersebut pasti akan mendapatkan dukungan masyarakat dalam pencapaian tujuan-tujuan pembangunan.

Masyarakat yang dalam hal ini bertindak sebagai pemangku kepentingan (stakeholder)akan bersinergi  untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan, sebagaimana yang telah dirumuskan pemerintah. Kondisi ini akan melahirkan hubungan yang sehat antar keseluruhan pemangku kepentingan. Inilah keunggulan sosok-sosok calon pemimpin Provinsi Lampung.

BACA  Alzier Ajak Pilih Ridho-Bachtiar, Ini Alasannya..

Tidak hanya masa lalu mereka yang mendatangkan optimisme, prestasi yang mereka raih saat ini juga melahirkan keyakinan bahwa para Cagub Lampung mampu merespon perubahan dengan baik. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, Indonesia dan dunia saat ini tengah memasukan era baru yaitu komitmen berani pada tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs).

Pemimpin yang cakap dalam merespon setiap perubahan, terlebih pada perubahan yang menjadi agenda besar, adalah pemimpin yang membanggakan masyarakatnya. Inilah pemimpin yang kita harapkan, dengan masa lalu yang berhasil membentuk kepribadian yang berani tapi tetap santun dan sensitif serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Halaman Selanjutnya  
1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here