Konsulat Tiongkok Optimis Kerjasama Indonesia-Tiongkok Kian Menguat

  • Bagikan
Foto bersama pengurus PSMTI bersama Wakil Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok Wang Jun. FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hubungan baik antara Indonesia-Tiongkok terajut sejak puluhan tahun. Belakangan, semakin menguat saat kedua negara menyepakati kerja sama di tahun 2013 sehingga perekonomian keduanya memiliki pergerakan baik.

Kendati begitu, hasil positif itu masih memiliki potensi untuk terus ditingkatkan guna mengembangkan ekonomi masyarakat. Wakil Konsulat Jenderal Tiongkok Wang Jun menjelaskan, kuatnya kerja sama itu berawal di tahun 2013, saat Presiden Tiongkok mengunjungi Indonesia dan menyepakati kerja sama. Kesepakatan itu menimbulkan hubungan yang semakin kuat bagi kedua negara dalam lima tahun terakhir.

“Ini tentu masih bisa ditingkatkan lagi. Sekarang Tiongkok dan Indonesia sedang mencari kerja sama untuk ekonomi, budaya, pendidikan, dan bidang lainnya,” kata Wang Jun dalam kegiatan pengenalan kebijakan visa republik Tiongkok di Novotel Lampung, Rabu (16/1) malam.

Baca Juga:   Total, 4.678 Pelamar Bersaing dalam CASN Pemkot Bandarlampung

Diutarakan, sepanjang tahun 2018, hubungan baik itu terbukti menghasilkan dampak positif dengan nilai bisnis antar kedua negara sebesar 56 miliar dolar AS. Sementara di bidang pariwisata, terdapat turis Tiongkok yang mengunjungi Indonesia lebih dari 2 juta orang lebih. Sedangkan dari Indonesia ke Tiongkok sebanyak 470 ribu orang.

“Tiongkok menjadi lokasi bisnis dan turis terbaik Indonesia, sehingga investasi pun banyak terbangun di Indonesia. Sementara, untuk Lampung sendiri memiliki lokasi strategis yang dekat dengan pulau Jawa dan ibu kota negara. Masyarakatnya pun ramah dan rajin. Begitu pula pariwisatanya yang bagus serta pertanian dan perikanannya yang sangat maju,” ujarnya.




  • Bagikan