Tuba  

Kerugian Kebakaran Pasar Unit 2 Ditarsir Mencapai Rp1 Miliar, Api Diduga Dari Arus Pendek Listrik


Tim Inafis Satreskrim Polres Tulangbawang melakukan olah TKP di lokasi kebakaran. Foto Satreskrim Polres Tulangbawang
Tim Inafis Satreskrim Polres Tulangbawang melakukan olah TKP di lokasi kebakaran. Foto Satreskrim Polres Tulangbawang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasca kebakaran yang melanda Pasar Unit 2, Polres Tulangbawang (Tuba) menerjunkan Tim Inafis Satreskrim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kasat Reskrim Polres Tulangbawang AKP Widi Dwi Arifiya Zein mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (5/5) malam, sekitar pukul 20.00 WIB. Api kali pertama diketahui oleh warga setempat.





“Dari hasil olah TKP, sampai saat ini dugaan penyebab kebakaran sendiri adalah timbulnya arus pendek yang menyebabkan adanya titik api di lokasi,” kata AKP Wido mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP Hujra Soumena, Jumat (6/5).

Meski dugaan sementara akibat adanya arus pendek listrik, namun Satreskrim Polres Tulangbawang tetap akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga:   Senggolan dengan Supra Fit, Pengendara Vixion Tewas Terjatuh

“Jika saat penyelidikan lanjutan kami ditemukan dugaan tindak pidana, kami akan melakukan penyidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

AKP Widi melanjutkan, akibat kebakaran pasar terbesar di Tulangbawang tersebut sebanyak 10 ruko ludes dilalap si jago merah.

“Estimasi kerugian bisa mencapai sekitar satu miliaran,” terangnya.

Ditanya soal video viral warga yang menemukan segumpalan benda mencurigakan di sekitar lokasi, AKP Wido menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan.

Aparat kepolisian juga telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti tersebut.

“Kita akan melakukan pengecekan lebih lanjut di labfor (laboratorium forensik). Apakah itu memang mengandung zat yang memicu kebakaran atau tidak,” jelasnya.

Tidak hanya itu, hingga kini Polres Tulangbawang juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sembilan saksi dari unsur keamanan pasar karena pada saat kejadian berada di lokasi.

Baca Juga:   Niat Cari Kayu, Warga Tuba Tewas Diterkam Buaya

Diketahui, kebakaran menimpa pasar moderen Unit 2 pada Kamis (5/5) malam sekira pukul 20.00 WIB.

Api berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran bersama aparat TNI Polri dibantu warga dua jam berjibaku.

Dalam peristiwa ini, seluruh personel pemadam kebakaran Tulangbawang dikerahkan untuk memadamkan api.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran juga diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah.

“Seluruh personel kita kerahkan, sekitar 40 orang. Untuk mobil pemadam, tiga unit sudah di lokasi dan satu unit stanby jika ada kerusakan,” kata Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Tulangbawang Dedi Palwadi, Kamis (5/5) malam.

Diketahui, pasar yang terletak di Kampung Tunggal Warga, Kecamatan Banjaragung tersebut merupakan pasar terbesar di Tulangbawang dan menjadi sentra perekonomian masyarakat. (nal/sur)

Baca Juga:   Hilang Saat Jaring Ikan, Warga Tuba Ditemukan Meninggal Tenggelam