Kesehatan pada Aktivitas Nongkrong Anak Muda

  • Bagikan

Interaksi antar anggota dalam kelompok menimbulkan kebanggaan yang diperoleh anak muda karena pada awalnya anak muda diperlakukan sebagai anak kecil. Tetapi lambat laun akan diterima sebagai anggota dalam kelompok yang berisikan anak muda yang sebaya. Hal ini dapat dicapai dengan aktivitas merokok bersama. Rasa kesetiakawanan yang terlihat dalam kelompok teman sebaya yang sedang nongkrong adalah menawarkan rokok atau menghisap rokok bersama-sama.

Minum-minuman keras juga ditemukan pada aktivitas nongkrong anak muda di warung kopi tradisional. Umumnya warung kopi yang dijadikan tempat untuk minum minuman keras adalah warung kopi yang terletak di gang sempit yang jauh dari pengawasan masyarakat. Konsumsi miras oplosan dapat menimbulkan dampak tidak baik bagi tubuh.


Meskipun anak muda mengetahui dampak buruk dari konsumsi miras oplosan, tapi anak muda tetap melakukan aktivitas tersebut dikarenakan adanya ajakan kelompok yang menganggap bahwa aktivitas seperti minum oplosan sebagai bentuk kebersamaan dalam kelompok. Anak muda akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan setelah konsumsi miras oplosan bersama anggota kelompoknya. Anak muda juga merasa dianggap sama dan tidak ada kesenjangan oleh anggota kelompoknya.

Penggunaan narkoba ditemukan pada aktivitas nongkrong anak muda di warung kopi tradisional. Anak muda menggunakan narkoba diawali dengan mencoba-coba karena rasa penasaran. Anak muda menggunakan narkoba bersama teman sebayanya sebagai bentuk penghargaan untuk kelompoknya. Anak muda yang menggunakan narkoba adalah anak muda yang merokok dan minum minuman beralkohol. Penggunaan narkoba pada anak muda saat nongkrong dapat disebabkan karena diawali dengan kebiasaan merokok.

Berawal dari kebiasaan merokok, anak muda mempunyai mempunyai rasa ingin tahu untuk mencoba zat lain yang memberikan sensasi kenikmatan yang lebih daripada merokok. Akhirnya anak muda berpindah untuk mencoba konsumsi miras  dan menggunakan narkoba.

Penelitian membuktikan bahwa anak muda yang menggunakan narkoba adalah anak muda yang merokok aktif dan mempunyai kebiasaan minum-minuman beralkohol. Korban akibat penggunaan narkoba tidak memandang usia. Peredaran narkoba semakin mudah karena narkoba dapat dicampurkan kedalam produk makanan yang dapat dikonsumsi semua orang.




  • Bagikan