Kesehatan pada Aktivitas Nongkrong Anak Muda

  • Bagikan

Nongkrong juga dapat menjadi sarana anak muda untuk menghilangkan stres dan menghilangkan rasa jenuh, sehingga merasa bebas dan jauh dari permasalahan yang sedang dihadapi. Respon psikologis yang dirasakan anak muda saat dan setelah nongkrong adalah respon perasaan dan emosi yang positif.  Anak muda yang melakukan nongkrong juga merasakan kepuasan setelah berkumpul dengan teman sebaya yang mempunyai misi dan tujuan yang sama. Kepuasan merupakan bagian dari kesehatan mental, yaitu suatu kondisi batin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan nyaman.

Orang yang sehat mentalnya mempunyai kemampuan untuk menghadapi permasalahan sehari-hari, sehingga merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam dirinya. Seseorang memiliki mental yang sehat, jika terhindar dari gejala penyakit jiwa dan memanfatkan potensi positif dalam dirinya.


Kebahagiaan berkontribusi untuk kesehatan dan kesehatan berkontribusi untuk kebahagiaan. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan dan menjadi hukum sebab akibat. Beberapa penelitian mendapatkan bahwa kebahagiaan dan kepuasan mempunyai hubungan dengan peningkatan fungsi dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan seseorang berdampak positif terhadap kesehatan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi dampak stres.

Kesimpulan yang dapat diberikan adalah bahwa aktivitas nongkrong anak muda dapat memberikan potensi yang merugikan bagi kesehatan, seperti merokok, minum minuman keras, konsumsi narkoba dan konsumsi fast food. Sedangkan potensi yang menguntungkan bagi kesehatan pada aktivitas nongkrong antara lain meningkatnya produktivitas, kebahagiaan dan berkurangnya stres. Melalui tulisan ini, penulis memberikan saran bagi anak muda, agar dapat memanfaatkan tempat nongkrong untuk melakukan aktivitas yang bermuatan positif sehingga dapat meningkatkan status kesehatan.

Uraian ini tentunya tidak dapat men-generalisir apakah nongkrong lebih bermanfaat atau merugikan bagi kesehatan, tetapi aktivitas nongkrong anak muda memberikan potensi-potensi yang dapat membawa pada manfaat dan kerugian. Untuk itu, keuntungan atau kerugian itu didapatkan tergantung dari tujuan nongkrong anak muda tersebut. (*)




  • Bagikan