Ketua DPRD Sosialisasikan Perda Nomor 2 Tahun 2020

  • Bagikan
Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan menyosialisasikan Perda Nomor 2/2020 dihadapan petani dan peternak di sela kegiatan karya bhakti TNI Kodim 0424. FOTO RNN

Heri mengungkapkan, program tersebut telah dicanangkan sebagai salah satu dari program kredit usaha rakyat (KUR) dengan fasilitas pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp50 juta tanpa agunan.

Agar program ini berjalan efektif, diperlukan kerjasama dari Bank Lampung dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura melalui penyuluh pertanian. Sehingga pada saat KUR akan disalurkan, pihak bank mengetahui bahwa peminjam adalah betul seorang petani.



“Karena yang namanya pinjaman uang, harus dipertanggungjawabkan oleh peminjam. Begitu juga untuk peternak, harus ada pendampingan dari dinas terkait,” tegas legislator PDIP ini.

Diakui Heri, sebagian petani belum mengetahui ada program tersebut. Meskipun sudah mendapat informasi, petani masih beranggapan bunga pinjaman tinggi.

“Adapun syaratnya, pinjaman untuk jenis usaha adalah usaha tersebut telah berjalan dan butuh pengembangan. Bukan yang baru mau usaha. Misalnya ternak, telah memilihara lima sampai enam ekor dan menginginkan 20 ekor. Termasuk juga untuk petani, dan yang belum miliki pengalaman tentunya tidak bisa,” urainya. (ehl/rnn/ais)






  • Bagikan