Ketua FRPKB Ingin Kuatkan Karakter Bangsa di Lingkungan Akademik

  • Bagikan
Universitas Lampung (Unila) menggelar Rapat Koordinasi 45 Perguruan Tinggi Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) bertajuk Implementasi Program Kerja Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa yang digelar via Zoom dan Luar Jaringan di Lantai 2 Rektorat Universitas Lampung (Unila), Selasa (23/2). Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Universitas Lampung (Unila) menggelar Rapat Koordinasi 45 Perguruan Tinggi Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) bertajuk Implementasi Program Kerja Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa yang digelar via Zoom dan Luar Jaringan di Lantai 2 Rektorat Universitas Lampung (Unila).

Ketua FRPKB yang juga Rektor Unila Prof Karomani mengatakan, terwujudnya FRPKB dilatarbelakangi fenomena bahwa karakter itu betul-betul menjadi penting harus diwujudkan, sehingga bangsa ini betul-betul menjadi bangsa karakter.


“Jadi bangsa-bangsa unggul di dunia bukan karena sumber daya alamnya, tapi karakter bangsa itu. Yang begitu kuat, integritas, Nasionalme terhadap bangsa nya begitu kokoh. Maka kami ingin ciptakan itu di universitas, akademik, supaya bisa mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Prof Karomani.

Setelah lebih dari satu tahun ini terbentuk, Prof Karomani mengatakan telah melakukan audensi dengan Wakil Presiden Ma’aruf Amin dengan telah menyatakan sepenuhnya mendukung untuk menguatkan karakter bangsa ini.

Baca Juga:   Siswa SD Al Kautsar Raih Medali Language Olympiade Tingkat Nasional

“Jadi poin kerja kami ingin memetakan bagaimana radikalisme di kampus jika memang masih ada, kita petakan kemudian bagaimana pemecahan nya. Termasuk tentang bela negara dan seterusnya, nanti akan ada workshop, seminar, bagaimana toleransi beragama nanti kita wujudkan. Kita juga sudah memiliki programnya, bagaimana merekrut Mahasiswa dan pesantren, mahasiswa asing juga, ini kita ingin bangsa ini menjadi teladan, menjadi raw model negara lain sehingga konflik yang ada selama ini dalam menjaga keberagaman ini,” jelasnya.

Sementara dalam rapat yang dibuka Dirjen Dikti Kemendikbud RI Prof. Dr. Nizam, M.Sc. DIC., Ph.D., ini juga membeberkan beberapa program kerja FRPKB 2021-2023 yang dipaparkan Rektor Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., yang juga Sekretaris Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa.

Baca Juga:   Porang untuk Masyarakat Lampung

Selain Pemahaman dan Penerapan Ideologi Pancasila, delapan program kerja tersebut meliputi, Pemerkuatan Kecintaan kepada Bangsa Indonesia, Peningkatan Kesadaran Hukum terhadap Pelanggaran yang Mengganggu Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Penelitian dan Pengembangan tentang Implementasi Ideologi Pancasila, Kesadaran Bela Negara, Nasionalisme Internasionalisasi Toleransi dan Keberagaman, serta Amplifikasi Penguatan Ideologi Pancasila.

Setiap program akan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan yang akan dibawahi masing-masing PIC. Tak hanya itu, program kerja yang diusung akan melibatkan mitra kerja sama mulai dari kementerian, instansi atau lembaga baik pemerintah maupun nonpemerintah, serta masyarakat. (rma/wdi)




  • Bagikan