Kinerja Kemenkumham Lampung Gemilang

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Lampung didampingi Kepala Divisi Administrasi Ida Asep Somara, Bc.IP, SH., MH.; Kepala Divisi Pemasyarakatan Farid Junaedi, Bc.IP, S.Sos., M.H.; Kepala Divisi Keimigrasian Drs. Hasanudin, M.M.;

//Paparkan Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020//

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Lampung berhasil menorehkan sejumlah kesuksesan selama kurun semester II tahun 2020.

Kesuksesan capaian kinerja itu, dipaparkan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, Danan Purnomo di hadapan Staf Ahli Menteri Bidang Politik dan Keamanan, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, Staf Khusus Menteri Bidang Transformasi Digital dan Kepala Biro Keuangan Kemenkumham, Selasa (24/11).

Danan-sapaan akrab Kakanwil Kemenkumham Lampung-, didampingi Kepala Divisi Administrasi Ida Asep Somara, Bc.IP, SH., MH.; Kepala Divisi Pemasyarakatan Farid Junaedi, Bc.IP, S.Sos., M.H.; Kepala Divisi Keimigrasian Drs. Hasanudin, M.M.; dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, S.H., M.H.

Paparan yang dilaksanakan secara virtual ini diawali dengan pemutaran video capaian kinerja semester II Tahun 2020. Kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kakanwil dan diakhiri dengan diskusi.

Pemaparan capaian kinerja secara virtual

Danan menjelaskan, ada tiga prioritas yang diambil oleh Kanwil Lampung di tahun 2020 yakni pembinaan, pengawasan, dan pengendalian, serta monitoring dan evaluasi.

Dalam hal pembinaan, Danan pihaknya melakukan pencanangan komitmen bersama, deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) yang dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja.

Selanjutnya melakukan sosialisasi, internalisasi, dan pendampingan serta penguatan pada satuan kerja dan seluruh pegawai dalam upaya menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Kami juga melakukan penguatan tugas dan fungsi kepada seluruh jajaran, khususnya dalam peningkatan pelayanan publik dan revitalisasi Kanwil sebagai law and human right center,” kata Danan.

Nur Ichwan, S.H., M.H Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM

Kemudian, sambung Danan, dalam hal pengawasan dan pengendalian, pihaknya telah membentuk Satgas pengawasan internal pemerintah dan unit pengendalian gratifikasi, lalu melakukan pendampingan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) di satuan kerja yang berkoordinasi dengan Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Situs Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Lampung, serta Ombudsman terkait kepuasan pelayanan publik.

“Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, Kanwil menyiapkan kanal-kanal pengaduan terpusat, melalui sosial media dan WhatsApp, serta media informasi lainnya seperti banner dan pamplet. Kanwil Lampung juga turut memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dikala pandemi Covid-19 dalam melakukan pembinaan pegawai dan layanan hukum agar tetap berjalan dengan baik,” katanya.

Danan menambahkan, Kanwil Lampung secara berkala baik langsung ataupun tidak langsung juga melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) meskipun di tengah pandemi Covid-19. Monev dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi inovasi untuk mempermudah jalannya kegiatan.

Di akhir paparan, Danan menyampaikan tekad kuat untuk terus meningkatkan kinerja Kanwil Lampung dan berharap target kinerja 2021 dapat terlaksana dengan baik. (rls/yud)



  • Bagikan