Kiprah Koperasi Alamanda Mitra Milenial di Tengah Pandemi, Dua Bulan 281 Anggota hingga Launching Peternakan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Koperasi Alamanda Mitra Milenial melakukan grand opening peternakan koperasi di Abung Selatan, Lampung Utara, Sabtu (27/11). Peternakan koperasi menjadi salah satu pencapaian dari Koperasi Alamanda Mitra Milenial yang baru sekitar dua bulan berdiri.

Ketua Koperasi Alamanda Mitra Milenial Atika Putriyanti meyakini di masa sulit pandemi covid seperti sekarang ini, koperasi akan bertumbuh. Khususnya dalam jenis produk dan layanan transaksi. Pada usia mudanya, Koperasi Alamanda Mitra Milenial telah mendapat ratusan anggota.



”Kebanggaan luar biasa buat pribadi dan tim. Karena baru dua bulan berjalan, Koperasi Alamanda Mitra Milenial sudah merekrut 281 anggota koperasi. Ini pencapaian luar biasa,” kata Atika ketika grand opening peternakan koperasi di Abung Selatan, Lampung Utara, Sabtu (27/11).

Dengan pencapaian ini, maka satu per satu langkah baik diciptakan oleh Koperasi Alamanda Mitra Milenial. Salah satunya dengan menciptakan peternakan sapi di Lampung Utara. Hal ini juga sebagai bentuk wadah amanat tiap anggota yang bergabung menjadi anggota.

”Banyak cobaan di lapangan untuk mengenalkan produk Koperasi Alamanda Mitra Milenial. Untuk menyejahterakan sesama anggota dan membuka lapangan pekerjaan. Karena koperasi menjadi wadah amanat anggota, maka kami jaga kepercayaan dengan bentuk transparansi,” ujarnya.

Selain membuka peternakan koperasi, Koperasi Alamanda Mitra Milenial juga akan terus bertumbuh. Yakni dari sisi peningkatan kompetensi dan skill pegawai, peningkatan aplikasi dan sistem, serta ekspansi bisnis untuk membuka lapangan kerja dan memperluas pasar.

”Terkait peternakan koperasi, hal ini merupakan wadah dari amanat anggota yang melakukan simpanan kurban dan akikah. Pencapaian kita yang didistribusikan dari anggota, kita alokasi untuk pembelian sapi kurban,” lanjutnya.

Sementara, skema bisnis Koperasi Alamanda Mitra Milenial mudah dan mengikuti karakteristik milenial. Mulai dari sistem registrasi keanggotaan dengan nominal kecil. Dikuti pengembalian ke anggota berupa goody bag.

”Untuk registrasi koperasi bisa lebih dari Rp100.000. Bahkan ada yang Rp250.000. Saya membuat skema agar anggota-anggota ini cukup bayar di bawah Rp100.000, tapi mereka sudah sah menjadi keanggotaan. Sudah dapat kartu anggota, goodie bag,” ucap dia.

Koperasi Alamanda Mitra Milenial menawarkan sejumlah produk. ”Kalau bahasa anak-anak sekarang, ada yang ingin berbisnis tapi nggak punya celahnya. Ya kita jembatani, ini passive income buat kalian untuk yang di produk berjangka. Tapi untuk produk lain, kami menawarkan sesuai dengan kebutuhan anak-anak milenial,” lanjutnya.

Dia mencontohkan, produk simpanan Jajanan Metal (Jamet). Misalkan harga iPhone Rp10 juta. Koperasi akan memberikan cash back 20 persen yakni Rp8 juta. Nah, Rp8 juta itu disimpan selama enam bulan. Andaikata dalam enam bulan sudah mencapai target dan ter-cover Rp8 juta; dan harga iPhone turun, koperasi akan mengembalikan kelebihannya. (dna/wdi)






  • Bagikan