KKN di Tanggamus, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga “Dikawal” BPBD

  • Bagikan
BPBD Tanggamus mendampingi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang melaksanakan KKN di Pekon Kiluan, Kecamatan Kelumbayan. FOTO DOKUMEN BPBD TANGGAMUS
BPBD Tanggamus mendampingi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang melaksanakan KKN di Pekon Kiluan, Kecamatan Kelumbayan. FOTO DOKUMEN BPBD TANGGAMUS

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus melakukan pendampingan kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Pekon Kiluan, Kecamatan Kelumbayan.

Plt. Kepala BPBD Tanggamus Ns. Maryani mengatakan, 10 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KKN sejak 3 Juli hingga 18 Agustus mendatang.

“BPBD melakukan pendampingan karena tema yang diangkat dalam KKN tersebut tentang tanggap bencana. Karena itu kami ikut andil,” kata Maryani, Selasa (10/7).

Dilanjutkan, kegiatan tematik meliputi semua upaya yang dilakukan dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya bencana di suatu wilayah. Kegiatan yang telah dilakukan mahasiswa bersama BPBD adalah membentuk desa tangguh bencana, Jumat (26/7) lalu.

Mahasiswa UIN  Sunan Kalijaga sebagai fasilitator. Sementara BPBD menjadi narasumber. “Mahasiswa juga membuat jalur evakuasi dan titik kumpul dengan tujuan agar  masyarakat dapat mengambil langkah penyelamatan jika terjadi bencana,” urainya.

Maryani melanjutkan, upaya lain yang dilakukan mahasiswa dalam rangka pengurangan risiko bencana adalah menanam dua ribu pohon mangrove. Lalu bersih-bersih pantai, serta pembuatan keranjang sampah yang akan ditempatkan pada titik-titik strategis di Pekon Kiluan.

“Pemkab Tanggamus sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Khususnya dalam memajukan Pekon Kiluan melalui tematik tanggap bencana,” tukasnya. (iqb/ehl/ais)




  • Bagikan