Kok, Tambah Panas? Ternyata Kebakaran Lahan

  • Bagikan
Pengendara menyaksikan kebakaran di kebun karet pinggir jalan raya Kedondong, Desa Kububatu, Kecamatan Waykhilau, Pesawaran, Kamis siang (24/10). FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID  

radarlampung.co.id – Perkebunan karet di pinggir jalan raya Kedondong, Desa Kububatu, Kecamatan Waykhilau, Pesawaran terbakar, Kamis siang (24/10). Belum diketahui penyebab pasti peristiwa yang menjadikan jalur tersebut bertambah panas. Namun diduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

”Mungkin disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan. Karena kalau unsur kesengajaan pembakaran oleh warga, saya pikir itu tidak mungkin,” kata Usman, salah seorang pengendara yang melintas.

Berdasar pantauan Radarlampung.co.id, tiupan angin yang kencang membuat api dengan cepat menjalar dan membakar dedaunan serta ranting yang kering. Kebakaran sempat mumbuat para pengendara berhenti. Melihat kobaran api yang sudah membesar dan membakar hampir setengah areal perkebunan karet.

Baca Juga:   Tangani 4 Kasus Kebakaran

Saat diinformasikan melalui sambungan telepon, Danramil Kedondong Kapten Agus Masgus dan anggotanya langsung menuju lokasi. Berbekal alat seadanya dibantu oleh anak buahnya  dan masyarakat sekitar yang melintas, Danramil mencoba memadamkan kobaran api.

Tidak lama, satu unit mobil pemadam kebakaran dan aparat kepolisian tiba di lokasi. ”Alhamdulillah, petugas kita dibantu TNI, polisi dan masyarakat berhasil memadamkan api. Kurang lebih setengah jam tadi api berhasil dipadamkan. Sebab hanya rumputan saja,” kata Kepala Badan Pol PP Pespawaran Effendi. (jok/ozi/ais) 




  • Bagikan