Kolonel Inf Ruslan Effendi Jabat Danrem 043/Gatam, Ini Profilnya


Kolonel Inf Ruslan Effendi Jabat Danrem 043/Gatam, Ini Profilnyav
Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Ruslan Effendi. FOTO PENREM 043/GATAM FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tongkat kepemimpinan Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam kembali berganti. Kali ini Kolonel inf Ruslan Effendi resmi menggantikan Brigjen TNI Drajad Brima Yoga. Serah terima jabatan itu resmi dipimpin Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya yakni Mayjen TNI Agus Suhardi, di Gedung Sudirman Makodam II/SWJ, Jl. Jenderal Sudirman KM 2,5, Kec. Ilir Timur 1 Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/2).

Dalam amanatnya, Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Agus Suhardi pun menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang begitu besar selama menjabat sebagai Danrem 043/Gatam.





“Tak lupa saya pun sampaikam kepada Ny. Epie Drajad Brima Yoga yang telah mendampingi suami selama berdinas di Kodam II/SWJ. Serta memimpin organisasi Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 043/Gatam PD II/SWJ dengan baik,” katanya.

Selain itu kata dia, dirinya pun menyampaikan agar semua yang hadir dalam upacara sertijab itu mendoakan agar Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, yang akan melaksanakan tugasnya sebagai Danpusdikter Pusterad dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. “Dan selalu sukses dalam mengemban amanah dari negara,” kata dia.

Agus Suhardi juga mengucapkan selamat kepada Kolonel Inf Ruslan Effendi, beserta istri atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Danrem 043/Gatam dan sebagai Ketua Persit di satuannya.

“Jabatan pada hakikatnya merupakan sebuah amanah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang nantinya akan dipertanggungjawabkan kepadanya. Saya berharap amanah ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya, jangan pernah ragu untuk melanjutkan dan meningkatkan hal-hal positif yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, serta berikan warna baru yang lebih segar dan positif bagi satuannya,” ungkapnya.

Dengan demikian, pemberdayaan wilayah pertahanan yang diimplementasikan melalui Binter pada hakikatnya merupakan salah satu tugas pokok TNI AD, untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan.

“Salah satu kunci keberhasilan Binter adalah kemampuan untuk membangun Komunikasi Sosial yang sehat. Oleh karena itu komunikasi, koordinasi dan kerja sama dengan seluruh komponen bangsa harus terus dibangun dan dipelihara, baik dalam konteks tugas maupun optimalisasi peran Kowil serta hal lain bagi kepentingan organisasi,” ungkapnya.

Lantas, seperti apa rekam jejak Kolonel inf Ruslan Effendi ? Ruslan Effendi merupakan lulusan Akabri Tahun 1991 sebelumnya berdinas sebagai Dosen Utama Seskoad. Brigadir Jenderal TNI Ruslan Effendi adalah seorang Perwira Tinggi TNI AD yang Sejak 21 Januari 2022 memegang Jabatan sebagai Komandan Korem 043/ Garuda Hitam. (ang/wdi)

 

Berikut biodata singkat Ruslan Effendi

 

RIWAYAT JABATAN:

Mulai Menjabat Danrem 043/Gatam: 21 Januari 2022

Pendahulu: Brigjen TNI Drajad Brima Yoga

SEBELUMNYA:

Sebagai Dosen Utama Seskoad

Masa Jabatan: 8 Juni 2020 – 21 Januari 2022

Pendahulu: Agus Setia Permana

Pengganti: Djoko Sulistyono

 

INFORMASI PRIBADI:

Lahir 7 Januari 1967 (umur 55)

Almamater: Akademi Militer (1991)

 

Riwayat Jabatan:

Aspers Kasdam III/Siliwangi
Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma
Dosen Utama Seskoad
Komandan Korem 043/Garuda Hitam