Kombucha Pulpa Kakao Jadi Produk Minuman Kaya Manfaat

  • Bagikan
Limbah pulpa kakao bisa dijadikan minuman kombucha pulpa kakao. Foto dok Unila

Oleh: Teguh Setiawan, S.T.P., M.Si. Prof. Ir. Neti Yuliana, M.Si., Ph.D. Dra. Endang L. Widiastuti, M.Sc., Ph.D.

Fakultas Pertanian dan Fakultas MIPA Universitas Lampung

 

RADARLAMPUNG.CO.ID-Penelitian ini bertujuan dalam upaya pemanfaatan limbah pulpa kakao sebagai media fermentasi untuk menghasilkan minuman kombucha dengan karakteristik rasa, warna, dan aroma yang dapat diterima masyarakat. Ada pun penerimaan konsumen terhadap minuman kombucha pulpa kakao (Cacha) tersebut pada penilaian keseluruhan 3,648. Warna 3,824, aroma 3,152, dan rasa 3,592 dari skala 5.

Ini dengan karakteristik diuji meliputi total padatan terlarut sebesar 1 brix, pH 3,71, kadar alkohol < 1, warna 3,216, aroma 2,896, dan rasa 3,072 pada produk. Kemudian rendemen dan rasio nilai tambah yang dihasilkan pada pembuatan minuman kombucha pulpa kakao (Cacha) adalah 96%, dan 72,5%.

Baca Juga:   Implementasikan Teknologi Polikultur Ikan Kakap Putih dan Kerang Hijau

Keunggulan penelitian ini menghasilkan produk inovasi yang siap untuk dihilirisasi atau dikomersialkan menjadi suatu bisnis unggulan. Manfaat kesehatan yang berasal dari proses fermentasi pulpa kakao juga mendorong terwujudnya industri yang berwawasan lingkungan serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Sekaligus memberi nilai tambah pada pendapatan petani kakao.

Manfaatnya tentu menambah inovasi produk olahan pulpa kakao serta meningkatkan nilai ekonomis bagi para petani kakao. Lalu prospeknya, inovasi produk olahan pulpa kakao menjadi minuman kombucha diharapkan menjadi awal dari munculnya ide-ide inovasi yang akan diteruskan menjadi suatu usaha yang dapat dikembangkan secara berkelanjutan. (*)




  • Bagikan