Kondisi Tubaba Stabil, Edukasi Tentang New Normal Penting bagi Masyarakat

  • Bagikan

radarlampung.co.id- Pasca 4 (empat) pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) kini dalam keadaan stabil dan aman dari virus mematikan tersebut. Bahkan, Tubaba saat ini optimis melangkah memasuki Periode New Normal atau Tatanan Hidup Baru ditengah pandemi Covid-19 yang secara global belum usai hingga saat ini.

Di Lingkungan Pemkab Tubaba misalnya, yang sejak 5 Mei lalu seluruh ASN sudah aktif kembali dengan tata kerja di era new normal, dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan berdasarkan pantauan, sejumlah kegiatan masyarakat pun mulai berjalan normal, mulai dari kegiatan sosial, hingga kegiatan perekonomian Contohnya, kondisi pasar kini juga mulai terlihat hidup kembali.


Namun, ada hal penting yang perlu menjadi perhatian khusus pihak-pihak terkait dalam upaya pencegahan Covid-19 di era new normal. Yakni, pemahaman masyarakat terhadap tatanan New Normal itu sendiri. Sebab, era New Normal tentu harus didukung dengan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan menjaga kesehatan di tengah kondisi saat ini maupun di masa mendatang.

Baca Juga:   Bupati Tubaba Harapkan Program Pelatihan Jurnalistik Berkelanjutan

Maka dari itu, perlu ada langkah edukasi yang mendalam kepada masyarakat agar New Normal dapat dipahami dan berjalan sebagaimana mestinya. Jangan sampai New Normal diartikan sebagai kebebasan, tapi harus tetap dipahami sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Utamanya, protokol kesehatan harus tetap berjalan. Jaga jarak aman (social distancing & physical distancing), biasakan cuci tangan pakai sabun, dan gunakan masker saat beraktifitas.

Untuk diketahui, data kondisi warga masyarakat terkait kegiatan penanganan Covid-19 di Tubaba per 12 Juni 2020 yang disampaikan Eri Budi Santoso, S.Sos, MH, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tubaba menunjukkan bahwa Tubaba dalam keadaan stabil. Disampaikannya bahwa jumlah pendatang lama di Tubaba ada sebanyak 5.568 orang dan tidak ada tambahan pendatang baru. Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pasien Positif Covid-19 (baik diisolasi mandiri ataupun dirawat) dalam kondisi nihil. (fei/rnn/ang)




  • Bagikan