KONI Siapkan Tes Urine untuk Atlet

  • Bagikan
Frans Nurseto. Foto Anca/Radarlampung.co.id 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komite Olahraga Nasional (KONI) Lampung bakal menggelar tes urine kepada atlet dan ofisial kontingen Lampung untuk PON Papua. Hal ini disampaikan Ketua Satgas KONI Lampung, Frans Nurseto.

Ia mengatakan, apabila dasar tes urine tersebut yakni PB PON akan mencoret atlet apabila ada zat narkoba dan doping. “Ya jadi dasarnya di PB PON atlet khususnya kalau ada zat narkoba di dalam tubuhnya bisa didiskualifikasi,” ujarnya ditemui di sekretariat KONI.


Dirinya sudah bicara dengan ketum KONI Lampung dan dan BNNP Lampung terkait rencana tersebut. “Dan mereka (BNNP) Lampung siap untuk lakukan itu,” sambungnya. Bukan hanya atlet, pelatih dan ofisial juga ikut dites urine.

Baca Juga:   Invitasi Catur Piala Ketua DPD APSI Lampung Digelar, Ini Para Juaranya

Menurutnya, tes urine bagi atlet penting karena apabila ada indikasi menggunakan narkoba, maka KONI tidak akan memberangkatkan atlet tersebut. “Daripada didiskualifikasi di sana mending kita tidak berangkatkan,” bebernya.

Untuk pelaksanaan tes dijadwalkan dalam waktu dekat ini. Selain tes urine, para atlet dan seluruh ofisial kontingen sebelum berangkat dilakukan tes swab. “Tes swab PCR syarat keberangkatan. Kemudian selain swab, seluruhnya juga sudah harus divaksin tahap dua,” tandasnya. (nca/sur)




  • Bagikan