Konsistensi 30 Tahun Yakult Indonesia, Selalu Berikan Layanan Terbaik Bagi Masyarakat

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Pada tahun 2021 ini, PT Yakult Indonesia Persada telah memasuki usia yang ke-30 tahun.

Yakult Indonesia merupakan perusahaan bagian grup Yakult Honsha yang berpusat di Jepang.



Pada perayaan anniversary tahun ini, dan masih dalam kondisi pandemi, Yakult Indonesia merayakan anniversary secara virtual yang bertemakan Terima Kasih 30 Tahun Bersama Yakult.

Tema tersebut memiliki makna bahwa perusahaan sangat mengapresiasi karyawan, Yakult Lady, dan keluarga termasuk pelanggan. Sebab, karena peran mereka, Yakult dapat terus beraktivitas memberikan pelayanan dan kontribusi terhadap masyarakat.

Pada masa pandemi ini, perubahan terjadi di seluruh sektor, tak hanya sektor ekonomi, tapi juga kebiasaan dan perilaku masyarakat yang berubah.

Di Yakult Indonesia, protokol kesehatan juga senantiasa dilakukan bagi karyawan dan mitra Yakult yang bekerja di lapangan seperti Sales Force serta ibu-ibu Yakult Lady.

Dengan prinsip, jaga jarak minimal 1 meter, mengenakan sarung tangan dan face shield, serta edukasi pentingnya menghindari COVID-19 menjadi tambahan lainnya bagi yang bekerja langsung di tengah masyarakat.

Tak hanya dari perilaku sehari-hari, transformasi juga dilakukan di perusahaan, seperti kegiatan film showing dan kunjungan pabrik yang kini diubah menjadi virtual.

Film Showing adalah penayangan film tentang manfaat produk, sementara informasi seputar proses pembuatan Yakult akan dijelaskan saat kunjungan pabrik. Meski dilakukan secara virtual, antusiasme masyarakat dalam mengikuti aktivitas tersebut masih tinggi.

Terlihat, sejak September 2020 hingga September 2021, terdapat 161.710 orang mengikuti film showing secara virtual. Pun dengan kunjungan pabrik Sukabumi dan Mojokerto secara Virtual pada periode November 2020 hingga September 2021 diikuti 65.441 orang.

Seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial, film showing reguler atau offline secara perlahan dilangsungkan kembali sambil terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di berbagai tempat dengan status zona hijau.  Sejak Januari September 2021, peserta Film Showing Reguler tercatat terdapat 249.914 orang. Sementara Film Showing Mobil di periode yang sama sudah diikuti 183.146 orang.

Kontribusi Yakult Indonesia tak hanya sebatas memberikan edukasi kesehatan, tetapi melakukan berbagai kegiatan di berbagai sektor untuk menunjukkan eksistensinya di masyarakat.

Antara lain, di bidang kesehatan, Yakult menunjukkan kepeduliannya terhadap pentingnya mendeteksi dini kanker payudara dengan bekerja sama dengan Lovepink sebuah organisasi nirlaba yang berfokus mensosialisasikan kampanye deteksi dini kanker payudara mengadakan webinar kepada 28.857 orang pada September Oktober 2021.

Di bidang yang sama pula, Yakult membantu tenaga medis di klinik, puskesmas, dan rumah sakit sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Terhitung sejak Maret 2020 hingga Oktober 2021, terdapat 1.487 klinik, puskesmas, dan rumah sakit yang dibantu dengan pemberian lebih dari 4 juta botol Yakult.

Perusahaan juga turut berperan untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan menganjurkan seluruh karyawannya melakukan vaksinasi.

Komitmen tersebut tercermin dari keikutsertaan perusahaan dalam program Vaksinasi Gotong Royong dengan menanggung seluruh biaya vaksinasi karyawan. Hingga Oktober 2021, sebanyak 86 persen karyawan Yakult Indonesia sudah memperoleh suntikan vaksin.

Kemudian, Yakult Indonesia juga ikut menjaga alam dengan kegiatan penanaman pohon massal yang konsisten dilakukan setiap tahunnya, sejak 2015-2020.

Penanaman 35.000 bibit pohon tegakkan di dua tempat yaitu lereng Gunung Halimun Salak, Sukabumi, dan Gunung Penanggungan, Mojokerto.

Tak hanya itu, kontribusi dalam menjaga alam juga dilakukan dengan pembuatan sumur biopori atau resapan di dekat perkampungan sekitar Pabrik Yakult.

Serta uji coba penarikan sampah plastik pembungkus Yakult di 3  kantor cabang yaitu Bogor 1, Bogor 2, dan Sukabumi untuk didaur ulang.

Memasuki usia yang ke-30 tahun, Yakult Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Seperti yang diajarkan Dr. Minoru Shirota dalam filosofinya Shirotaisme, Yakult dijual dengan harga terjangkau agar masyarakat mampu mendapatkan manfaatnya. Tujuan tersebut yang selalu dituju sebagai minuman keluarga sehat Indonesia. (*)






  • Bagikan